4 Tanda Kamu dan Pasanganmu Siap Melangkah Ke Jenjang Pernikahan
Sumber: cnnindonesia.com

Marriage / 27 March 2023

Kalangan Sendiri

4 Tanda Kamu dan Pasanganmu Siap Melangkah Ke Jenjang Pernikahan

Bella Tiurma Official Writer
39039

Setiap pasangan yang memiliki kehidupan yang romantis dan harmonis sering kali menggunakan tolak ukur melalui cerita dongeng atau film, dimana kisah yang diceritakan di dalamnya memiliki kehidupan yang selalu bahagia atau “Happily Ever After”. Tetapi di dalam Alkitab menjelaskan kehidupan bersama pasangan yang sebenarnya tidak ada kata bahagia selamanya. Karena setiap kehidupan dengan pasangan tentu akan menghadapi berbagai macam masalah. 

Tuhan sudah merancang pasangan yang tepat untuk setiap orang sebagai pasangan yang saling melengkapi dan menyempurnakan. Namun, banyak dari orang percaya yang berpikir bahwa setiap orang akan bersama pasangan yang sempurna dan tidak akan lengkap sampai menemukan pasangan yang sesuai. Hal ini menjadikan setiap orang perlu menjelajahi bumi untuk mencari pasangan yang sempurna agar menjadi satu.

Baca Juga : Ingin Menikah? Pahami Tujuan Pernikahan Dalam Kristen

Di dalam kitab Markus 10 : 8-9 “Sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikian mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”, Ayat ini dengan jelas menyatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia secara berpasangan, sehingga setiap pilihan yang diambil untuk melanjutkan ke hubungan pernikahan akan diberkati dan dipersatukan Tuhan. 

Oleh sebab itu, pernikahan tidak hanya didasarkan pada ketertarikan, gairah, dan perasaan yang besar saja. Tetapi cinta yang dimulai dengan janji, dan janji yang mudah ditepati dengan segala sesuatu terasa baru, segar, dan penuh. Lalu bagaimana setiap orang dapat mengetahui jika pasangan yang saat ini bersama adalah orang yang disediakan Tuhan yang dapat kita pilih menjadi pasangan kita? Berikut ini hal-hal yang perlu dipahami untuk menjadi pertimbangan setiap pasangan yang ingin melangkah ke jenjang pernikahan. 

1. Tindakan Lebih Nyata Daripada Kata-kata 

Ketika setiap orang dapat melihat bahwa setiap kata yang keluar dari mulut pasangan dapat ditepati. Maka pasangan kita menunjukkan bahwa ia dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Perilaku yang ditunjukkan kepada kita merupakan perasaan yang sebenarnya terhadap kita, dan hal itu juga merupakan cerminan hatinya kepada Tuhan. Pasangan yang dari Tuhan tidak akan mengatakan sesuatu hal dan melakukan sebuah tindakan yang sebaliknya.

Baca Juga : 20 Cara Membangun Cinta yang Tak Lekang Oleh Waktu

2. Hubungan Memuliakan Tuhan 

Pasangan yang berasal dari Tuhan, tentu mendorong kita untuk mempererat hubungan dengan Tuhan bersama. Karena Tuhan tidak akan mengirimkan seseorang yang akan merusak karakter pasangannya sendiri, tetapi mendorong pasangannya untuk membentuk nilai-nilai Kristiani di dalam kehidupan dan tidak akan menyesatkan. 

3. Menjadikan Bagian dari Kehidupan Satu Sama Lain 

Pasangan yang menjadikan kita bagian dari kehidupannya, yang mengatakan pikiran dan perasaannya yang paling sebenarnya, pasangan yang tidak bisa membayangkan hidup bersama orang lain, pasangan yang saling mendoakan dan ingin bersama setiap hari, adalah wujud pasangan yang diberikan Tuhan kepada kita. 

4. Kepercayaan 

Kepercayaan adalah sebuah perekat yang diperlukan untuk menjadi fondasi dari setiap pernikahan. Sebuah kepercayaan dapat membuat setiap pasangan merasa aman karena memiliki keyakinan bahwa pasangan kita mendukung kita dan akan setia melalui suka dan duka. Hal ini dikatakan demikian, karena kepercayaan juga dibangun di atas iman. Dimana ada unsur keyakinan yang bekerja dengan kepercayaan, karena setiap orang tidak ada yang benar-benar tahu apa yang dapat dilakukan atau dikatakan pasangan sebelum mendapatkan fakta kebenarannya langsung. 

Sehingga, untuk melangkah ke jenjang pernikahan perlu pertimbangan yang matang untuk menciptakan kehidupan di dalam Tuhan. Alkitab mengatakan bahwa cinta adalah sebuah komitmen yang mempertahankan setiap pasangan dalam ujian waktu. Seperti yang tertulis di dalam kitab Kolose 3 : 14 “Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.’. 

Sumber : crosswalk.com 

Halaman :
1

Ikuti Kami