Viral Penutupan Patung Bunda Maria di Kulonprogo, Ini Fakta Sebenarnya...
Sumber: editor.id

News / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

Viral Penutupan Patung Bunda Maria di Kulonprogo, Ini Fakta Sebenarnya...

Bella Tiurma Official Writer
1512

Kasus penutupan patung Bunda Maria di Rumah Doa Sasana Adhi Rasa S.T Yacobus, Kulonprogo, memancing perbincangan dan sorotan di kalangan masyarakat Indonesia. Berita yang beredar mengenai desakan dari organisasi masyarakat (ormas) tertentu bahwa keberadaan patung tersebut mengganggu ibadah umat Muslim selama bulan Ramadhan, ternyata hanya sebuah kesalahpahaman. 

Faktanya, Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini menyampaikan bahwa penutupan patung Bunda Maria belum resmi dibuka untuk umum karena pemilik rumah doa masih belum selesai mengurus dan bersosialisasi dengan masyarakat, pemerintah desa, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Fajarini juga menegaskan bahwa tidak ada tekanan dari ormas manapun terkait penutupan patung Bunda Maria dan akan ada sosialisasi terlebih dahulu sebelum pembukaan rumah doa.

Baca Juga : Setelah Melakukan Aksi Protes, 3 Gereja di Algeria di Tutup Paksa Oleh Pemerintah!

Hal ini juga ditegaskan oleh pernyataan dari wakil pemilik rumah doa, Sutarno bahwa penutupan patung Bunda Maria itu adalah inisiatif dari Yakobus Sugiharto kakak dari Sutarno sebagai pemilik rumah doa. 

Kita bisa belajar dari kasus ini untuk tidak mudah terpancing dengan informasi yang disebarluaskan begitu saja. Sebaliknya, kita perlu mencari informasi akurat terkait hal tersebut. Sensitifitas terhadap agama juga seharusnya membuat kita menyadari pentingnya membangun sikap toleransi di tengah keyakinan berbeda di Indonesia. Dan dimanapun, kapanpun, dan terhadap siapapun, seharusnya kita bisa menjadi cerminan kasih Tuhan.  

Baca Juga : Junjung Tinggi Toleransi, Pengurus Gereja Tak Keberatan Pengungsi Solat di Gereja

Mari merenungkan ayat di bawah sebagai pengingat bagi kita untuk bersikap dan bertindak sesuai dengan kasih Tuhan. 3 Yohanes 1 : 5 “Saudaraku yang kekasih, engkau bertindak sebagai orang percaya, di mana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara, sekalipun mereka adalah orang-orang asing.”.  

Sumber : Tribunnews.com 

Halaman :
1

Ikuti Kami