Sudah Lakukan Doa Pertobatan? Mari Belajar dari Doa Daniel
Sumber: tate.org.uk

Kata Alkitab / 24 March 2023

Kalangan Sendiri

Sudah Lakukan Doa Pertobatan? Mari Belajar dari Doa Daniel

Bella Tiurma Official Writer
1483

Pada tahun dimana Darius telah menjadi raja atas kerajaan Kasdim. Daniel mendapatkan nubuat mengenai kehancuran bangsa Israel. Hal ini tertulis di dalam kitab Daniel pasal yang ke-2 bahwa Daniel mulai menyadari Babel akan dihancurkan oleh Media-Persia. Sedangkan di dalam kitab Daniel pasal yang ke-7 Daniel mendapatkan mimpi tentang patung dan penglihatan 4 binatang. Serta di dalam pasal yang ke-8 pun Daniel diberikan penglihatan domba jantan dan kambing jantan. 

Sejak Daniel mendapatkan nubuat, ia mulai melakukan doa pertobatan untuk bangsa Israel. Dari doa Daniel pun setiap orang dapat belajar bahwa doa yang dinaikkan oleh Daniel berdasarkan Firman Tuhan. Jika setiap orang yang ingin melihat janji Tuhan untuk pemulihan dapat melalui doa, karena  melihat pemulihan bangsa Israel pun melalui doa pertobatan. 

Sikap Doa Pertobatan Daniel 

1. Berpuasa 

Sikap yang Daniel lakukan ketika berdoa untuk pertobatan melalui berpuasa yang dapat dilihat melalui kitab Yoel 1 : 14 “Adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya; kumpulkanlah para tua-tua dan seluruh penduduk negeri ke rumah Tuhan, Allahmu, dan berteriaklah kepada Tuhan.”

2. Memakai Kain Kabung 

Pada saat berdoa Daniel pun melilitkan kain kabung, kain yang terbuat dari bulu domba yang disimbolkan sebagai tanda pertobatan. Sikap ini dapat dilihat melalui kitab Yoel 1 : 13 “Lilitkanlah kain kabung dan mengeluhlah, hai para imam: merataplah, hai para pelayan mezbah; masuklah, bermalamlah dengan memakai kain kabung, hai para pelayan Allahku, sebab sudah ditahan dari rumah Allahmu, korban sajian dan korban curahan.”

3. Berdoa dan Menabur Debu 

Sikap berdoa pertobatan Daniel juga di gambarkan melalui kitab Ayub 42 : 6 “Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu.”

Ketika Daniel berdoa objek dalam doa pertobatannya pun ditujukan langsung kepada Tuhan yang maha besar, Tuhan yang dahsyat, Tuhan yang adonai, dan Tuhan yang memegang perjanjian. Daniel meminta pengampunan dari Tuhan di dalam doanya untuk dosa perbuatan, perkataan, pikiran, dan penolakan kepada Allah. 

Di mana jika ditelaah kembali, Rev. Dr. Choi Tae Hyup sebagai Senior Pastor Zion Chruch South Korea menyampaikan dalam Seminar “Mission and Me” bahwa doa pertobatan yang Daniel ucapkan dibagi menjadi 2 jenis pertobatan, yakni pertobatan aktif dan pertobatan pasif. Pertobatan aktif adalah pengampunan atas sesuatu hal yang dilakukan, sedangkan pertobatan pasif adalah pengampunan atas dosa yag ada meski tidak pernah dilakukan. 

Oleh karena itu, ketika menaikkan doa pertobatan, setiap orang percaya dapat belajar dari Daniel yang memohon dengan sungguh-sungguh supaya Tuhan memberikan pengampunan. Karena dari Daniel setiap orang percaya tahu bahwa melalui pertobatan Tuhan akan memulihkan hidup seseorang maupun suatu bangsa.Tuhan juga akan menyinari setiap orang percaya yang bertobat pada-Nya seperti yang tertulis di dalam kitab Bilangan 6 : 25-26 “Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”

Halaman :
1

Ikuti Kami