7 Perkataan Yesus di Kayu Salib Sebelum Kematian-Nya
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 16 March 2023

Kalangan Sendiri

7 Perkataan Yesus di Kayu Salib Sebelum Kematian-Nya

Claudia Jessica Official Writer
7176

5. “Aku haus!” (Yohanes 19:28)

Setelah mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak darah dan cairan tubuh membuat Yesus berkata, “Aku Haus!”

Ini merupakan sifat kemanusiaan Yesus, sama seperti manusia pada umumnya. Sejak ditangkap hingga disalibkan, Yesus memang tidak makan dan minum. Kemudian seorang prajurit memberikan anggur asam ke mulut-Nya.

Peristiwa ini menggenapi Mazmur 69:21 “Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.”

 

6. “Sudah Selesai” (Yohanes 19:30)

Perkataan ini adalah sebuah seruan kemenangan, dan bukan keputusasaan.

Yesus telah menyelesaikan tugas-Nya di dunia ini. Seluruh pekerjaan yang ditugaskan Bapa-Nya, yaitu memberitakan Injil, melakukan berbagai mukjizat, dan mengerjakan keselamatan kekal bagi umat-Nya, telah dilakukan dengan sempurna.

Rencana Allah telah tergenapi, kasih-Nya dinyatakan dan penyelamatan manusia telah dilakukan. Yesus telah menggantikan kita, Ia menyerahkan diriNya sendiri kepada Allah sebagai korban penebus umat manusia.

Yesus datang ke dunia untuk menyelesaikan pekerjaan Bapa. Maka dari itu, Ia juga menyerahkan nyawa-Nya kepada Bapa-Nya.

 

7. “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku” (Lukas 23:46)

Hal ini menunjukkan bahwa Dia akan mati, dan Allah telah menerima pengorbanan-Nya. Yesus mempersembahkan diri-Nya sebagai korban tebusan yang tak bercacat kepada Allah (Ibrani 9:14).

Dengan kata-kata ini, tokoh teragung yang pernah berjalan di muka bumi ini, Allah dalam rupa manusia, menghembuskan nafas terakhirnya.

Pengorbanan Yesus Kristus yang mati di salib demi menebus dosa manusia, kiranya menjadi pengingat bagi umat Kristiani untuk menjauhi perbuatan dosa. Selain itu, kebangkitan Yesus juga dimaknai sebagai simbol awal kehidupan baru.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami