Bersiap Rayakan Paskah, Begini Persiapan Gereja-gereja di Indonesia
Sumber: freepik.com

News / 9 March 2023

Kalangan Sendiri

Bersiap Rayakan Paskah, Begini Persiapan Gereja-gereja di Indonesia

Bella Tiurma Official Writer
2297

Paskah merupakan perayaan penting bagi umat Kristiani dimana momen ini menjadi peringatan bagi umat Tuhan akan pengorbanan Yesus, yang rela mati di kayu salib dan bangkit kembali untuk menggenapi janji keselamatan dunia. Sebulan menjelang perayaan paskah, gereja-gereja di Indonesia sudah mulai mempersiapkan berbagai kegiatan. 

Gereja tampak sudah menyusun serangkaian kegiatannya, mulai dari ibadah, kegiatan sosial hingga beragam perlombaan. Berikut beberapa diantaranya:  

 

1. Jalan Salib 

Jalan salib atau Via Dolorosa merupakan perjalanan spiritual yang menggambar keadaan terakhir penderitaan yang Tuhan Yesus rasakan sebelum di salib. Jalan salib dilakukan yang diikuti oleh jemaat gereja dan dilakukan di tempat-tempat khusus yang telah ditentukan.  

Baca Juga : Inilah Tema Paskah PGI 2023, Begini Makna Ayatnya

2. Kunjungan Paskah 

Kunjungan paskah juga biasa dilakukan oleh gereja-gereja di Indonesia. Tak jarang momentum paskah ini digunakan bagi umat kristiani untuk melakukan kegiatan membantu sesama bentuk rasa kepeduliaan. Kunjungan paskah ini biasa dilakukan ke panti asuhan, lembaga pemasyarakatan, rumah singgah (shelter), dan jemaat gereja yang sakit atau dalam pergumulan. Hal ini juga dilakukan oleh Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), yang sudah tercantum di dalam buku Panduan Masa Raya Paskah 2023. Dengan adanya kegiatan ini, gereja dapat menunjukkan kasih dan kepedulian kepada sesama, serta memberikan dukungan kepada yang membutuhkan. 

 

3. Pawai Paskah 

Tak jarang gereja-gereja di Indonesia menyambut kebangkitan Tuhan Yesus dengan mengadakan pawai. Pawai digelar dengan pakaian khusus dan membawa atribut yang sesuai dengan tema paskah, seperti yang dilakukan oleh Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara akan menggelar pawai paskah pada 11 April 2023. 

 

4. Lomba Antar Gereja 

Lomba antar gereja juga kerap dilaksanakan untuk menyambut perayaan paskah. Kegiatan ini dlakukan untuk membangun solidaritas antar gereja. Seperti yang dilakukan di bagian timur Indonesia, Nusa Tenggara Timur (NTT) lomba paduan suara antar gereja yang di fasilitasi oleh Kepala Polisi Daerah (Kapolda NTT). Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dan diikuti oleh gereja Kristen dan gereja Katolik. 

 

Mempersiapkan beragam kegiatan dalam menyambut Paskah memang suatu hal yang penting, namun jangan sampai kehilangan makna sebenarnya yang terkandung dalam perayaan Paskah itu sendiri.

Halaman :
1

Ikuti Kami