5 Tips Bijak untuk Orang Tua Tangani Anak Dengan Tourette Syndrome
Sumber: Ibupedia

Parenting / 7 March 2023

Kalangan Sendiri

5 Tips Bijak untuk Orang Tua Tangani Anak Dengan Tourette Syndrome

Wisnu Prianggani Contributor
2418

Baru-baru ini seorang penyanyi bernama Lewis Capaldi menjadi sorotan karena tourette syndrome yang diidapnya kambuh di tengah penampilannya di konser Jerman. Tourette Syndrome merupakan suatu gangguan saraf yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan, terutama bagi anak-anak.

Orang tua atau keluarga yang memiliki anak dengan Tourette Syndrome harus memahami situasi mereka bahwa terkadang mereka sering mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebaya bahkan bisa merasa malu akibat gerakan dan suara yang tidak terkendali. Sangat penting sebagai orang tua atau wali dari anak-anak yang mengidap sindrom ini untuk memahami kondisi mereka dan mengambil tindakan yang tepat untuk membantu anak menghadapi tantangan ini.

Berikut adalah 5 tips bijak bagi orang tua dalam menghadapi anak dengan Tourette Syndrome:

1. Pahami kondisi anak

Orang tua harus memahami kondisi Tourette Syndrome dan bagaimana hal ini memengaruhi anak. Perbanyak membaca dan mencari informasi tentang Tourette syndrome agar Anda dapat mengerti kondisi dan tantangan yang dihadapi anak sesuai dengan kondisi saat ini. Dengan memahami kondisi anak, Anda dapat membantunya mengatasi rasa malu dan frustrasi yang mungkin dirasakannya.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Lakukan Swamedika yang Aman Saat Anak Sakit?

 

2. Lingkungan yang mendukung

Orang tua harus menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak dengan Tourette syndrome. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan dukungan emosional dan memotivasi anak untuk mengejar kegiatan yang disukainya. Selain itu Anda juga dapat membantu anak mengembangkan keterampilan sosial dan berkomunikasi dengan orang lain. Selalu dukung anak agar kesehatan mentalnya tetap terjaga.

 

3. Jangan memperburuk kondisi

Jangan memperburuk kondisi anak dengan memperhatikan atau memperlihatkan ketidaknyamanan terhadap gerakan dan suara yang tidak terkendali. Hal ini dapat memperburuk kondisi psikologis anak dan membuatnya merasa malu. Alih-alih, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak ke kegiatan yang positif dan membantunya merasa lebih nyaman.

 

Baca Juga: 5 Kebenaran Alkitab Ini Akan Menguatkan Ketika Anakmu Sakit Parah!

 

4. Berkomunikasi dengan guru

Komunikasikan dengan guru dan staf sekolah mengenai sindrom yang diidap anak, karena hal ini sangat penting dalam membantu anak menghadapi tantangan Tourette syndrome di lingkungan sekolah. Jangan ragu untuk membicarakan kondisi anak dengan guru dan memberikan informasi tentang Tourette syndrome. Dengan demikian, guru dapat memahami kebutuhan anak dan membantunya merasa lebih nyaman di lingkungan sekolah.

 

5. Cari bantuan profesional

Terakhir, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan seperti konsultasi dengan dokter atau ahli terkait untuk membantu mengatasi kondisi Tourette Syndrome anak. Seorang ahli tentu dapat memberikan saran dan strategi untuk membantu Anda dan anak mengatasi tantangan Tourette syndrome. Kiranya usaha yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Dalam menghadapi anak dengan Tourette syndrome, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak merasa nyaman dan meningkatkan kualitas hidupnya. Sebagai orang tua atau keluarga, tugas kita adalah untuk mendukung anak-anak dalam menghadapi segala macam tantangan. Dalam 1 Petrus 5:7 tertulis, “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

Kita dapat mempercayakan anak kepada Tuhan dan mencari bantuan dari para ahli untuk membantu mereka mengatasi tantangan yang dihadapi oleh anak-anak yang mengidap Tourette Syndrome.

Halaman :
1

Ikuti Kami