Fakta Alkitab: Hukuman Mati yang Ada di Alkitab
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 5 March 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Hukuman Mati yang Ada di Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
3566

Jadi, Yesus melalui diri-Nya memberikan teladan akan kasih dan pengampunan. Dia memberikan kesempatan kedua bagi kita manusia berdosa.

Beberapa contoh bagaimana Yesus menyikapi orang yang harus menjalani hukuman mati adalah kisah wanita yang dibawa oleh orang Farisi ke hadapan Yesus karena tertangkap berzinah. Saat itu Yesus berkata pada wanita itu, “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” (Yohanes 7:11)

Hal serupa juga Tuhan lakukan pada Saulus, penganiaya dan pembunuh jemaat mula-mula. Yesus memberi kesempatan dia untuk bertobat, mengenal Dia dan menjadi pemberita injil Kerajaan Allah (Kisah Para Rasul 22:11-16)

Keadilan Tuhan merupakan standar yang mutlak dan adil yang diterapkan oleh Allah. Keadilan Tuhan tidak dipengaruhi oleh emosi atau situasi, melainkan didasarkan pada nilai-nilai yang baik dan benar. Tuhan mengajarkan untuk memberikan kasih dan pengampunan pada sesama, bahkan kepada musuh kita.

Sementara itu, keadilan manusia didasarkan pada peraturan hukum yang telah ditetapkan oleh negara atau pemerintah. Keadilan manusia mencoba untuk memberikan hukuman yang setimpal dengan kesalahan yang dilakukan, namun terkadang tidak selalu berjalan dengan sempurna dan dapat memberikan vonis yang salah.

Balas dendam, di sisi lain, didasarkan pada perasaan sakit hati atau marah, dan bertujuan untuk membalas dendam atas kejahatan yang dilakukan. Balas dendam tidak mencari solusi yang adil, melainkan bertujuan untuk membalas kejahatan dengan kekerasan, dan sering kali memperburuk situasi.

Firman Tuhan mengajarkan kita untuk memperjuangkan keadilan dan mengasihi sesama, bahkan kepada musuh kita, dan menyerahkan penghakiman dan hukuman pada Allah.

Bagaimana dengan Anda, apa pendapatmu tentang hukuman mati? Apakah Anda mendukung vonis hukuman mati atau Anda lebih mendukung memberikan hukuman berat tanpa mencabut nyawa seseorang? Berikan pendapat Anda di komentar ya.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami