Pentingnya Mendidik Karakter Kristus pada Anak Sejak Dini
Sumber: canva.com

Relationship / 3 March 2023

Kalangan Sendiri

Pentingnya Mendidik Karakter Kristus pada Anak Sejak Dini

bella tiurma Contributor
2030

Karakter anak merupakan suatu hal penting yang harus orang tua perhatikan, dimana semakin berkembanganya teknologi maka karakter anak cenderung menurun. Oleh karena itu, para orang tua perlu mengetahui bahwa pentingnya mendidik karakter Kristen pada anak sejak usia dini.

Saat ini dapat kita jumpai kasus anak yang melawan orang tua hingga nekat untuk membunuhnya, anak yang rela melakukan kejahatan demi kepuasaan dirinya dan kasus-kasus lainnya. Hal tersebut yang menjadikan para orangtua untuk lebih memperhatikan pentingnya mendidik karakter Kristen pada anak dari sejak dini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Namun karakter menurut Alkitab adalah kita yang menjalani hidup seturut dengan perintah Allah, takut akan Tuhan, dan selalu berusaha untuk menyenangkan Tuhan. Karena itu para orangtua wajib memperhatikan pentingnya mendidik karakter Kristus pada anak sejak dini.

 

Baca Juga: Kenapa Kepemimpinan Anak Perlu Dipupuk Sejak Kecil?

 

Mengapa mendidik karakter Kristen pada anak sejak dini begitu penting? Simak alasannya berikut ini.

1. Membiasakan berperilaku baik

2. Sebagai bekal untuk memasuki dunia sosial

3. Mempersiapkan anak untuk berani menghadapi masalah

4. Membuat anak menjadi seorang saksi Kristus

5. Memiliki toleransi dan cinta damai

6. Dapat bertanggung jawab setiap kata dan perbuatan

7. Memiliki disiplin yang baik

Hal yang utama yang menjadi perhatian setiap orang tua dalam pembentukan karakter pada anak menurut Alkitab, yakni mengasihi. Seperti yang tertulis di dalam Matius 22 : 37 – 39 mengenai hukum kasih, yang menjelaskan bahwa pendidikan karakter dimulai dari bagaimana cara kita dapat mengasihi Tuhan dan sesama kita.

Setelah itu, anak dapat diajarkan mengenai karakter berlandaskan dari buah-buah roh, yakni kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri yang sudah tertulis dalam Galatia 5 : 22-23.

 

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Bagikan Kasih ke Orang Lain Dengan Cara Ini

 

Sehingga setiap anak-anak Tuhan tentunya memiliki karakter Kristus sebagai pedoman dalam untuk menjalani kehidupan, bersikap dengan orang lain, dan cara pengambilan keputusan. Hal ini menjadi penting bagi para orang tua untuk mengajarkan dan menanamkan karakter Kristus kepada anak-anaknya, seturut dengan apa yang dikatakan di dalam Alkitab “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu” – Amsal 22 : 6.

Mendidik karakter Kristus pada anak juga bertujuan untuk mendorong kembali lahirnya anak-anak yang memiliki sifat dan karakter yang baik yang seturut dengan pengajaran Allah. Anak-anak yang memiliki karakter Kristus yang baik pun juga dapat membantu anak memiliki tujuan hidupnya. Sehingga hal ini sangat penting untuk diajarkan melalui orang tua, lingkungan, dan masyarakat.

Halaman :
1

Ikuti Kami