Meningkatkan Kualitas Pertanian di Desa Bawomataluo Melalui Bantuan Kemanusiaan CBN
Sumber: OBI

True Story / 24 February 2023

Kalangan Sendiri

Meningkatkan Kualitas Pertanian di Desa Bawomataluo Melalui Bantuan Kemanusiaan CBN

Aprita L Ekanaru Official Writer
1181

Keunggulan dalam usaha pertanian Bapak Radianus yaitu 85% menggunakan pupuk organik. Selain itu, ia juga melakukan berbagai percobaan di beberapa bedeng, seperti pembakaran batang kayu atau rumput yang sudah kering di atas tanah yang sudah digemburkan di 3 bedeng. Hasilnya, pertumbuhan cabe sangat fantastis dengan tinggi pohon mencapai 180 cm dan lebar daun sebesar telapak tangan serta berbuah dengan hasil yang baik. Bapak Radianus merasa bersyukur dengan pengalaman berharga ini dan siap untuk memberkati oramg lain lewat pengetahuannya.

"Pupuk organik sangat berpengaruh pada kualitas pertumbuhan cabe, masa umur cabe, dan juga kualitas kepedasan cabe yang akan dihasilkan. Maka dari itu saya mengurangi penggunaan pupuk kimia seperti urea. Saya hanya menggunakannya sebagai pemancing tidak sepenuhnya," jelas Pak Radianus.

Kemampuan Bapak Radianus dalam mengelola penggunaan pupuk menjadi kunci suksesnya dalam menjalankan pertaniannya. Ia memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat pupuk organik dari bahan-bahan yang mudah didapat seperti telur, jahe, temulawak, kunyit, dan garam kasar. Selain itu, ia juga memanfaatkan sumber daya alam di Nias untuk menambah bahan pupuk yang diperlukan. Dengan menghemat biaya pupuk, ia mampu menghasilkan tanaman cabe yang sehat dan subur.

Bapak Radianus berharap para petani dapat berpindah ke pertanian organik guna memperbaiki kualitas tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia yang mahal. Ia sangat bersyukur atas dukungan dan kunjungan rutin dari tim Kemanusiaan CBN, serta doa yang selalu mengiringi keluarga dan pertaniannya, yang memberikan semangat dan kekuatan dalam mengembangkan pertaniannya.

Kami meminta Bapak Radianus untuk membantu mengajarkan anak-anak di sanggar belajar anak SOL dalam membuat pupuk organik dan menjadi trainer pada kegiatan Family Activity SOL. Permintaan ini menunjukkan kepercayaan pada keahlian dan pengalaman Bapak Radianus dalam mengembangkan pertanian organik serta kemampuannya untuk berbagi ilmu dengan masyarakat sekitar.

Terima kasih Mitra CBN, atas dukungan yang luar biasa dalam memberikan modal usaha bagi para petani di Desa Bawomataluo sehingga mereka dapat mengembangkan pertaniannya dan memperbaiki kesejahteraan keluarga mereka. Terus dukung pelayanan kami dan menjadi perpanjangan tangan Tuhan bagi bangsa ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami