5 Fakta Tentang Alkitab Terjemahan Baru Edisi Kedua (TB2)
Sumber: canva.com

News / 17 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Fakta Tentang Alkitab Terjemahan Baru Edisi Kedua (TB2)

Claudia Jessica Official Writer
11964

Pada hari Kamis (09/02/2023) lalu, LAI secara resmi meluncurkan Alkitab Terjemahan Baru Edisi 2 (TB2) bertepatan dengan HUT LAI yang ke 69.

Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa terus berkembang, termasuk bahasa Indonesia. Beberapa kata atau kalimat yang ada di alkitab yang kita pakai sehari-sehari telah mengalami pergeseran makna sehingga perlu disesuaikan agar makna asli bahasa asli (Ibrani dan Yunani) tetap terjaga dan tersampaikan untuk generasi saat ini.

LAI berharap Alkitab TB2 dapat lebih mudah dipahami karena mengikuti perkembangan Bahasa Indonesia saat ini.

 

BACA JUGA: Akhirnya! LAI Luncurkan Alkitab Terjemahan Baru 2 Setelah 50 Tahun Dinanti

 

Berikut ini adalah 5 fakta yang perlu diketahui tentang Alkitab Terjemahan Baru Edisi 2 yang baru diluncurkan oleh LAI:

1. Alkitab TB2 adalah pembaruan dari Alkitab Terjemahan Baru (TB) yang terbit tahun 1974.

2. Alkitab TB2 dipersiapkan sejak awal tahun 1950-an.

3. Alkitab TB2 dibuat oleh LAI bersama dengan kerjasama oikumenis lintas gereja dan lintas lembaga selama tidak kurang dari seperempat abad lamanya.

4. LAI bersama mitranya Lembaga Biblika Indonesia (LBI) meminta masukan dari gereja-gereja dan perguruan-perguruan tinggi teologi melalui berbagai tahapan diskusi dan konsultasi

5. Melakukan enam konsultasi regional yang diselenggarakan di wilayah Indonesia timur, tengah dan barat sepanjang 2016-2017, dan berpuncak pada Konsultasi Nasional Pembaruan Alkitab TB (2018).

Setelah Alkitab TB2 terbit di tengah masyarakat, LAI bersama LBI akan melanjutkan sosialisasi Alkitab TB2 kepada umat Kristen di berbagai kota di Indonesia.

 

BACA JUGA: Ternyata Alkitab Punya 3 Bahasa Asli Lho, Yuk Temukan di Sini

 

Pembaharuan Alkitab dengan Terjemahan Baru Edisi 2 sesuai dengan visi LAI dimana mereka bertujuan Firman Tuhan dapat menjangkau semua orang. Sepanjang 2023, LAI dan LBI akan hadir di 15 kota di Indonesia, yaitu: Mangkutana, Surabaya, Jayapura, Manado, Manokwari, Yogyakarta, Medan, Banjarmasin,Pontianak, Maumere, Kupang, Palembang, Ambon, Semarang, dan Manado.

Sumber : PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami