Bincang dengan Pewarna, BPP GBI Sampaikan Pencapaian Selama Pandemi
Sumber: Pewarna Indonesia

News / 5 February 2023

Kalangan Sendiri

Bincang dengan Pewarna, BPP GBI Sampaikan Pencapaian Selama Pandemi

daniel.tanamal Official Writer
961

Badan Pengurus Pusat Gereja Bethel Indonesia (BPP-GBI) sampaikan beberapa pencapaian-pencapaian program yang dilakukan dan terlaksana selama masa pandemi sejak Maret 2020. Penyampaian ini dilakukan saat pertemuan dalam bincang dengan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna Indonesia) di Graha Bethel, Cempaka Putih, Jakarta, Jumat, (10/02/2023).

Ketua Umum BPP-GBI, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham hadir langsung didampingi para pimpinan BPP-GBI lainnya seperti ekretaris Umum, Pdt. dr. Josafat Stephanus., M. Th, Sekretaris II, Pdt. Pdt. Naftali Untung., M. Th, dan Sekretaris III, Pdt. Jauhar Wahyudi., M. Th. Dalam pertemuan ini Rubin menyampaikan bahwa program-program sinode berjalan dengan penyesuaian, karena masa pandemi dimulai sejak Maret 2020. "Dalam doa, saya mendapat impresi dari Tuhan yaitu untuk memberi mereka makan. Dan kemudian saya mulai memutuskan dan memberitahu kepada semua pengurus bahwa program disaat pandemi adalah Menolong Orang Lain. Karena itu GBI memulai melakukan aksi gerakan sosial untuk membantu setiap yang terdampak, hingga menghimpun sebuah acara dimana para penyanyi memberikan pujian secara online, dan menggalang donasi," cerita Rubin.

Setiap cara penggalangan bantuan ini disebutkan merupakan hikmat tersendiri dari Tuhan, dimana dikala itu disebutkan terdapat 1600 gembala yang membutuhkan bantuan, akibat ditutupnya gereja selama pandemi. Acara penggalangan dana tersebut pun mendapat perhatian dan hasil yang cukup besar, hingga berhasil mengumpulkan donasi hingg 2,2 Milyar Rupiah. "Ini angka yang sangat besar, bila dibandingkan dengan acara serupa yang digagas oleh sekuler, dengan penyanyi yang lebih terkenal."

Beberapa pencapaian lainnya adalah GBI melakukan pembangunan terhadap gereja-gereja yang kurang layak daerah-daerah terpencil. Disebutkan, selama kurang lebih satu tengah tahun berjalan sampai saat ini, ada 50 gereja yang sudah terbantu. Rubin menambahkan bahwa dalam masa tersebut, GBI banyak melalukan pengurangan acara-acara yang sifatnya "besar" (acara seremonial perayaan yang berpotensi mengeluarkan dana yang besar) dan lebih memfokuskan kepada pembangunan gereja-gereja yang membutuhkan di daerah-daerah. Disebutkan juga bahwa GBI telah melaksanakan Penanaman (Perintisan) Gereja di Benua Afrika, tepatnya di Senegal, yang hingga saat ini sudah ada 9 gereja.

Pencapaian ini diapresiasi oleh Ketua Umum Pewarna Indonesia Yusuf Mujiono yang menyebutkan bahwa pencapaian tersebut tentunya menjadi teladan dan berkat bagi setiap umat Nasrani di Indonesia. Yusuf juga berharap kedepan BPP GBI dan Pewarna Indonesia dapat bersinergi melalui program-program yang mempunyai nafas dan misi yang sama dalam fokus Kekristenan. "kita berharap ada sinergitas yang dapat dibangun antara Pewarna ID dengan BPH-GBI pada program-program yang terkait dengan isu-isu Kekristenan dan kebangsaan," tutup Yusuf hadir bersama belasan anggota Pewarna Indonesia lainnya.

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami