Wajib Diketahui Warga +62, Ini Kiat-kiat Berlindung Saat Terjadi Gempa
Sumber: jawaban.com

News / 16 January 2023

Kalangan Sendiri

Wajib Diketahui Warga +62, Ini Kiat-kiat Berlindung Saat Terjadi Gempa

Claudia Jessica Official Writer
521

Belakangan ini, gempa seringkali mengguncang wilayah Indonesia. Seperti yang terjadi baru-baru ini di Bogor, Aceh, Maluku, Cianjur, Sukabumi, dan masih banyak lagi wilayah lain yang juga diguncang oleh gempa. Gempa yang terjadi di Cianjur bahkan merusak sebagian besar kota itu dan menyebabkan ribuan korban.

Indonesia seringkali mengalami gempa karena lokasinya yang berada di dalam garis Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire yang dinilai rawan mengalami bencana alam seperti gempa bumi.

Tentu tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah gempa karena bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, tetapi kita bisa melakukan antisipasi untuk menyelamatkan diri jika terjadi gempa.

Apa saja yang perlu kita lakukan saat gempa berlangsung?

1. Temukan tempat berlindung yang kuat

Jika Anda berada di dalam rumah atau bangunan, berlindung di bawah meja atau di sudut ruangan yang kuat. Jika Anda berada di luar, cari tempat yang aman, seperti di bawah pohon atau di jembatan.

2. Hindari ketinggian

Jangan berdiri di atas meja atau kursi, atau berada di dekat jendela atau dinding yang mungkin runtuh.

3. Jangan berlari

Berjalanlah dengan santai dan cepat ke tempat yang aman. Jangan berlari, karena Anda mungkin akan terjatuh atau terluka.

4. Jangan mencoba menyelamatkan barang-barang

Fokus pada keselamatan diri Anda dan orang lain.

5. Bersiap untuk gempa susulan

Setelah gempa pertama, mungkin akan terjadi gempa susulan. Bersiaplah untuk berlindung lagi jika perlu.

6. Bersiap untuk lainnya bencana

Setelah gempa, mungkin akan terjadi bencana lain seperti tsunami atau longsor.

7. Cek kondisi dan bantu orang lain

Setelah gempa berakhir, cek kondisi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dan berikan bantuan jika diperlukan. Jangan menyalahkan diri atau orang lain jika ada korban atau kerusakan.

8. Cek jaringan telepon dan sosial media untuk informasi dari pihak berwajib dan jangan panik

Hal ini dilakukan untuk membantu Anda mengetahui situasi sebenarnya seperti informasi akurat dan terupdate untuk dapat mengambil tindakan yang tepat. Selain itu, mengecek jaringan telepon dan media sosial juga dapat membantu Anda untuk mengetahui arahan dari pihak berwenang, mencari tahu cara untuk meminta bantuan, mengetahui kondisi sekitar, hingga kondisi infrastruktur.

9. Usahakan untuk selalu memiliki emergency kit dan emergency plan sebelum terjadi bencana

Ga ada satupun yang menginginkan terjadi bencana, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan antisipasi. Selalu sediakan emergency kit dan emergency plan di rumah tempat Anda tinggal. Ketika suatu saat terjadi bencana, Anda telah bersiap dengan emergency kit dan emergency plan.

Emergency kit biasanya terdiri dari peralatan yang kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup seperti air, makanan, obat-obatan, pakaian, dan perlengkapan pertolongan pertama. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa barang seperti lampu, baterai, dan peralatan untuk menyalakan api. Sedangkan emergency plan adalah rencana yang dibuat sebelum terjadi bencana untuk mempersiap diri dan keluarga dalam menghadapi situasi darurat. Rencana ini dapat mencakup langkah-langkah yang harus diambil sebelum, selama, dan setelah bencana terjadi.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami