Akibat Gempa Maluku Ratusan Rumah Warga dan Belasan Gereja Rusak Berat
Sumber: Anadolu Agency

News / 12 January 2023

Kalangan Sendiri

Akibat Gempa Maluku Ratusan Rumah Warga dan Belasan Gereja Rusak Berat

Lori Official Writer
443

Gempa berkekuatan 7.9 Magnitudo melanda provinsi Maluku pada Selasa, 10 Januari 2023. Akibatnya sebanyak ratusan rumah warga dan belasan gereja mengalami rusak berat di dua wilayah yaitu Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya. 

Di Kepulauan Tanimbar, sebanyak 223 rumah dan 7 gereja rusak berat. Sementara di Maluku Barat Daya, sebanyak 141 rumah dan 7 gereja rusak berat. Sehingga total kerusakan yang ditanggung mencapai 364 rumah dan 14 gereja (belum terdata).

 

Baca Juga: Melihat Pulau Baru yang Muncul Setelah Gempa Maluku, Kata BMKG Tak Berbahaya

 

Dampak yang diakibatkan gempa ini mendesak Gubernur Maluku dan Bupati Kepulauan Tanimbar menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari, terhitung sejak 10-24 Januari 2023. 

“Kami telah menetapkan status tanggap darurat untuk memudahkan upaya penanganan darurat secara cepat, tepat dan efisien,” ungkap Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno.

Pemerintah Provinsi Maluku sendiri telah menyalurkan bantuan logistik ke dua wilayah ini. Rencananya seluruh kerugian yang diakibatkan bencana ini akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

 

Baca Juga: 3 Bencana dan Tragedi Dalam Sepekan, Mari Berdoa Untuk Situasi Saat Ini

 

Sementara para korban sudah mengungsi dan menetap sementara di lokasi yang lebih aman, seperti mengungsi di rumah sanak saudara maupun mendirikan tenda pengungsian di daerah yang lebih aman.

Mari berdoa supaya setiap korban gempa Maluku dilindungi oleh Tuhan dan mendapatkan dukungan secara fisik maupun psikis pasca gempa berskala besar ini.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami