Fakta Alkitab: Tradisi Adven yang Umum Dirayakan Sebelum Natal
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 9 January 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Tradisi Adven yang Umum Dirayakan Sebelum Natal

Lori Official Writer
1705

Adven adalah masa persiapan menuju Natal. Hal itu karena saat Paskah ada masa persiapan yaitu pra-paskah. Natal sebagai perayaan besar harus memiliki masa persiapan rohani.

"Walau tidak diketahui pasti kapan Adven mulai dirayakan, pada abad ke-5, para biarawan Katolik di Perancis berpuasa selama bulan Desember," ungkap Gordon Robertson.

Ini adalah masa pertobatan dan seriusnya sama seperti pra-paskah, dilakukan dengan berpuasa. Anda berpantang makanan, yang pasti tidak yang berlemak dan yang enak. 

 

Baca Juga: Siapa 3 Orang Majus yang Datang Saat Kelahiran Tuhan Yesus?

 

Pada akhir abad ke-6 diawal abad ke-7, Paus Gregorius Agung menyatakan hal itu dilakukan selama 4 minggu menjelang hari Natal, sebelum 25 Desember.  Gereja-gereja Anglikan atau Katolik, biasanya menjadikan adven sebagai masa persiapan menyambut Natal. biasanya akan ada lilin Adven, karangan daun adven, lagu, pujian, dan khotbah adven. Karangan Adven dibuat dari daun pinus, hal ini adalah simbol keabadian Tuhan. Lingkaran tanpa awal dan akhir. Dan ada 4 lilin ditaruh diantara karangan daun pinus itu.  

Untuk 3 lilin berwarna ungu, dan satu lilin merah muda, dan setiap hari minggu Adven, sebuah lilin dinyalakan. Di minggu pertama dan kedua Adven, lilin ungu dinyalakan, karena pada saat itu dibacakan kitab Injil dengan poin-poin pesan yang jadi peringatan, persiapan dan harapan. Dan di minggu ke-3 lilin merah muda dinyalakan lambang perayaan dan sukacita.

Sedang di minggu ke-4 lilin ungu dinyalakan, sebagai simbol Kristus adalah Raja. Ada juga yang menandai masa adven dengan kalender, yang menghitung hingga hari kelahiran Kristus.  

Beberapa kalender ada yang ditulisi ayat atau gambar aspek kisah Natal, janji tentang mesias dan ada juga hadiah di dalamnya seperti coklat atau mainan. Jika Anda tidak mau memberi coklat Anda bisa beli kalender adven lego, jadi kalender adven ini sungguh diadaptasi secara modern. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (1/2)

 

Bagi gereja mula-mula, Adven bukan hanya  untuk mempersiapkan perayaan kelahiran Kristus, namun juga penantian kedatangan-Nya kembali. 

Bagaimana perayaan Adven ini berlangsung hingga tiba di hari perayaan Natal? Saksikan tayangan selengkapnya di Youtube Jawaban Channel Fakta Alkitab. Atau klik video di bawah ini.

 

Temukan konten-konten inspiratif lainnya dari kami dengan mengikut berbagai media platform kami di IG @jawabancom, FB @jawabandotcom, Twitter @jawaban dan Youtube Jawaban Channel.

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami