Yosua, Pahlawan yang Dipersiapkan Menjadi Kuat dan Berani Melalui Masa Krisis
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 6 January 2023

Kalangan Sendiri

Yosua, Pahlawan yang Dipersiapkan Menjadi Kuat dan Berani Melalui Masa Krisis

Lori Official Writer
662

Apa yang harus kita lakukan saat menghadapi masa krisis? Apakah akan menjadi lemah atau justru harus semakin kuat?

Kita perlu menjadi kuat dan berani! Seperti Yosua yang memilih untuk menghadapi masa-masa yang semakin sulit setelah kematian Musa. Dia harus memimpin umat Allah, bangsa Israel di masa itu untuk menaklukkan Tanah Perjanijan.

Saat kita memilih menjadi lemah dan menyerah, kita tidak akan pernah bisa melalui masa-masa itu. Seperti kesepuluh pengintai yang diutus memilih mencari-cari alasan karena takut berhadapan dengan para raksasa di negeri Kanaan. “Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana.” (Bilangan 13: 28)

 

Baca Juga: 

Meneladani Kepemimpinan Yosua

Jika Tuhan Sudah Berjanji, Jangan Ragu Lagi, Rebutlah Tanah Perjanjian Itu!

 

Tetapi kepada Yosua, Tuhan sudah memprediksi keberhasilan yang akan dia peroleh. Bahkan keberhasilan itu tidak datang dari kemampuan Yosua memimpin bangsa Israel (Zakharia 4: 6). Tuhan mempersiapkan Yosua sama seperti Dia mempersiapkan kesuksesan kita juga. Tuhan berjanji bahwa Ia akan menyertai Yosua sama seperti Ia menyertai Musa (Yosua 1: 5). Tuhan dengan terang menyampaikan bahwa Ia akan menyertai Yosua. “Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Yosua 1: 5)

Untuk mengatasi ketakutan dan keputusasaannya, Tuhan berkali-kali menyuruh Yosua untuk menjadi kuat dan berani. Tuhan menasihati Yosua, seperti hari ini Dia menasihati kita untuk menjadi kuat dan berani, sekalipun dunia menyampaikan hal-hal yang tidak enak di dengar oleh telinga dan menebarkan beragam kekuatiran karena resesi, konflik dan persoalan global lainnya. 

Demikian disampaikan dalam Yosua 1: 6-9,

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.

 

Baca Juga:

Siapakah yang Menghentikan Matahari dan Bulan? Nabi Yosua atau Tuhan?

7 Pelajaran Dari Yosua Yang Akan Membantu Kita Saat Iman Kita Diuji

 

Tuhan tidak menyuruh Yosua menjadi kuat dan berani secara fisik, seperti para pasukan militer yang tampak gagah dan berani. Tuhan menyuruh Yosua untuk menjadi kuat dan berani secara rohani. Dia perlu menguatkan iman. Percaya bahwa Tuhan menyertai kemanapun, apapun dan dimanapun dia berada.

Pada akhirnya, Yosua bisa melalui setiap rintangan dengan tetap memelihara hidupnya di dalam kebenaran firman Tuhan (Yosua 1: 7-8).

Hari ini juga, kita perlu melakukan hal yang sama seperti Yosua. Tuhan berjanji untuk senantiasa menyertai kita. Untuk memperoleh janji ini, kita perlu memelihara hidup kita di dalam firman kebenaran-Nya. Karena melalui firman Tuhan sendiri kita dibentuk menjadi pribadi yang kuat dan berani.

Di tahun 2023 ini, ada banyak ketidakpastian yang muncul di hadapan kita. Apakah Anda siap untuk menghadapinya dengan kuat dan berani? Jangan pernah kecut dan tawar hati sebab Tuhan senantiasa menyertai.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami