Hidup Bagaikan Sekolah Kehidupan
Kalangan Sendiri

Hidup Bagaikan Sekolah Kehidupan

Yenny Budhihartono Contributor
      982

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

 

Bacaan setahun : Mazmur 39; 1 Timotius 3; Yesaya 31-32 

Hidup itu bagaikan sebuah "SEKOLAH KEHIDUPAN". Kita terus belajar agar lulus dalam setiap ujian dan masalah selama kita hidup. Sebagai orang percaya, kita hidup dengan sangat bergantung kepada Tuhan, tidak seharusnya kita membanggakan diri, kekayaan, atau jabatan kita. Apapun yang ada dalam hidup kita berasal dari Tuhan. Itu sebabnya Paulus mengingatkan kita dan jemaat di Korintus saat itu, tentang Korintus 10:12 (TB) – “Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!”

Tulisan Paulus ini ingin menyadarkan kita sebagai orang percaya, hidup bukan dari kuat dan gagah kita, tetapi hanya oleh kasih karunia Tuhan.

Paulus juga memberikan penguatan dan penghiburan melalui janji Tuhan di

1 Korintus 10:13 (TB) – “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Sebagai orang percaya, hidup kita pastinya mengalami berbagai pencobaan dan masalah, tapi ingatlah bahwa tetap ada dalam kedaulatan Tuhan.

1. Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia.

Masalahmu adalah masalah biasa yang tidak melebihi kekuatanmu dan kamu pasti bisa melewatinya.

2. Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.

Ada janji penyertaan Tuhan bahwa semua tidak akan melebihi batas dan ada pembelaan Tuhan

3. Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Semua masalah akan ada jalan keluar saat kita hidup bergantung kepada kasih karunia Tuhan. Kita akan dapat menanggungnya dan lulus dalam setiap masalah kehidupan kita.

Pada akhirnya kita akan menyelesaikan "SEKOLAH KEHIDUPAN" kita dan naik kelas sampai dinyatakan lulus!

Yakobus 1:3-4 (TB) “Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.”

Selamat berjuang pejuang kehidupan! Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Ikuti Kami