Pele, Legendaris Sepak Bola Brazil Itu Telah Dipanggil Tuhan
Sumber: skor.id

News / 30 December 2022

Kalangan Sendiri

Pele, Legendaris Sepak Bola Brazil Itu Telah Dipanggil Tuhan

Lori Official Writer
464

“Sepak bola dan Brazil mengangkat kedudukan mereka berkat sang Raja (Pele). Dia sudah pergi, namun sihirnya akan abadi,” ungkap Neymar, salah satu pesepakbola dunia asal Brazil.

Semasa hidupnya, Pele telah mencetak 12 gol di ajang pertandingan Piala Dunia dan membawa Brazil sebagai satu-satunya negara yang pernah mengangkat trofi juara sebanyak tiga kali. Tiga momen penting di tahun 1958, 1962 dan 1970 ini terukir indah menjadi sejarah yang tak bisa lepas dari sosok seorang Pele. 

“Hari ini Brazil melambaikan tangan kepada salah satu putranya yang paling terkenal. Edson Arantes do Nascimento (nama lengkap Pele) membuat dunia tunduk pada bakatnya dan membawa Sepak Bola Brazil ke atas puncak tertinggi. Sepanjang hidupnya, Pele menginspirasi generasi atlet dan pantas mendapatkan setiap penghargaan,” terang Romario, juara Piala Dunia 1994.

Sementara juara dunia asal Spanyol, Ronaldo menggambarkan sosok Pele sebagai pribadi yang unik, jenius, terampil, kreatif dan sempurna. Dia memuji jika tak ada satupun sosok yang sebanding dengan Pele.

“Sungguh suatu kehormatan untuk bisa bertemu dengan Anda, sobat. Bakat Anda adalah sekolah yang harus dilalui setiap pemain. Warisan Anda melampaui generasi. Dan begitulah cara Anda terus hidup,” ungkapnya.

Di mata dunia, Pele adalah sosok olahragawan yang dihormati. Dia bisa berbaur dengan siapa saja dan memakai kekuatan olahraga sebagai alat pemersatu. Kenangan yang masih begitu membekas adalah ketika Pele bermain di stadium pada perhelatan Piala Dunia 2014 silam. Dia memberikan pertunjukan yang menawan saat bermain sepakbola dan seringnya dia akan mengakhirinya dengan gol.

“Saya melihat Pele bermain, secara langsung di (stadiun) Pacaembu dan Morumbi. Ketika mendapatkan bola dia selalu melakukan sesuatu yang istimewa, yang seringnya berakhir dengan gol,” ungkap Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva.

Namun setiap atraksi indah yang dia mainkan di lapangan hanya tinggal kenangan. Pele,  legendaris Sepak Bola itu kini sudah dipanggil Tuhan. Kondisi kesehatannya memburuk selama Piala Dunia Qatar berlangsung. Sampai akhirnya Asosiasi Sepak Bola Inggris mengibarkan bendera Brazil pada Rabu, 28 Desember 2022. FIFA, Badan Pengatur Sepak Bola Dunia, bahkan mengubah latar laman websitenya dengan foto Pele yang berlatar warna hitam.

Di penghujung tahun 2022, dunia Sepak Bola tengah berduka atas kehilangan sang legendaris sepak bola. Semua rekan dan orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Pele mengaku kehilangan, namun bagi mereka sumbangsih dan kenangan akan dia akan tetap abadi.

Selamat jalan Pele. Terima kasih sudah menyelesaikan pekerjaan yang Tuhan percayakan atasmu dengan baik.

Sumber : CBN News
Halaman :
1

Ikuti Kami