Catat! 4 Topik Obrolan yang Ga Boleh Dibahas Saat Kumpul Keluarga Khususnya di Hari Raya
Sumber: canva.com

Relationship / 22 April 2023

Kalangan Sendiri

Catat! 4 Topik Obrolan yang Ga Boleh Dibahas Saat Kumpul Keluarga Khususnya di Hari Raya

Claudia Jessica Official Writer
4225

4. Mengomentari Kehidupan Pernikahan

Saat berbincang dengan pasangan suami istri, kita mungkin tergoda untuk menanyakan kapan mereka akan punya anak.

Kami mungkin memiliki niat baik dalam mengajukan pertanyaan ini, tetapi kami harus mempertimbangkan situasi mereka. Beberapa pasangan bergumul dengan infertilitas. Oleh karena itu, menanyakan tentang anak bukanlah pilihan yang bijaksana atau penuh kasih.

Orang lain yang sudah menikah mungkin memilih menunggu untuk memiliki anak. Beberapa pasangan mungkin juga memilih untuk tidak memiliki anak karena masalah kesehatan, menghabiskan energinya untuk melayani Tuhan, atau karena alasan pribadi lainnya.

Keluarga dekat dan keluarga besar kita mungkin berbagi pemikiran dan pergumulan ini dengan kita, tetapi kita harus menghindari menanyakan tentang rencana mereka untuk memiliki anak agar tidak menimbulkan kerugian atau kesalahpahaman.

Yakobus 3:8 mengatakan, “Tetapi tidak seorang pun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.”

Mengatakan pertanyaan kita tanpa berpikir atau mengatakan hal pertama yang muncul di benak kita bukanlah pilihan terbaik. Sebaliknya, kita perlu memikirkan kata-kata kita sebelum mengucapkannya.

 

Komentar dan pertanyaan kita bias saja melukai orang lain. Sekalipun menurut kita pertanyaan itu adalah baik dan tidak mengundang masalah, kita perlu memperhatikan bagaimana keluarga kita akan menerima kata-kata kita. Karena kita dipanggil untuk mengasihi orang lain sebagaimana Allah mengasihi kita, maka kita harus memikirkan baik-baik apa yang kita katakan kepada orang lain (Markus 12: 30-31).

Menghindari komentar yang tidak membantu dan menyakitkan, kita dapat memancarkan kasih Kristus kepada keluarga kita selama pertemuan liburan.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami