6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh
Sumber: HerZindangi

Health / 14 December 2022

Kalangan Sendiri

6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh

Lori Official Writer
980

Kolagen adalah komponen kunci dalam mendukung pertumbuhan tulang, kulit, otot dan bagian tubuh lainnya. Kita pastinya seringkali mengkonsumsi suplemen dalam bentuk kolagen untuk mendukung kesehatan kulit dan yang lainnya, tapi apakah kita sudah menyadari manfaat kolagen dalam mendukung kesehatan tubuh?

Rata-rata atlet akan mengkonsumsi protein dalam konsentrasi yang tinggi untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Tetapi selain mengkonsumsi makanan tinggi protein, para atlet juga bisa mengonsumsi sumber protein dalam bentuk kolagen. 

Selain mendukung pemulihan dan pembentukan otot, kolagen juga bermanfaat dalam banyak hal mulai dari kesehatan kulit hingga rambut. Kolagen sendiri tersedia dalam bentuk kapsul, bubuk maupun makanan.

 

Sumber Kolagen Dalam Makanan

Selain tersedia dalam bentuk kapsul dan bubuk, kolagen juga bisa diperoleh melalui makanan. Kolagen bisa ditemukan di jaringan ikan hewan. Seperti kulit ayam, kulit babi, daging sapi dan ikan.

Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen, jadi pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti bbuah jeruk, brokoli dan paprika.

Namun proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia akan melalui proses pemecahan. Dalam proses ini, kolagen dalam makanan akan dipecah menjadi asam amino dan peptide individu. Berbeda dengan kolagen di dalam suplemen akan lebih mudah diserap oleh tubuh karena sudah melalui proses pemecahan lebih dulu.

Terlepas dari proses penyerapannya, mengkonsumsi kolagen dalam bentuk apapun tetap baik bagi tubuh.

 

6 manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen adalah komponen utama bagi kesehatan kulit. Zat ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitasnya. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen sehingga kulit akan cenderung kering dan berkerut. Karena itulah mereka yang mencapai usia 30-an disarankan mengkonsumsi kolagen untuk mempelambat penuaan kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi kolagen sebanyak 3-10 gram per hari selama 69 hari sangat bermanfaat dalam menjaga elastisitas kulit dan mencegah kulit kering dan keriput.

 

2. Meredakan nyeri sendi

Kolagen membantu kesehatan tulang rawan yaitu jaringan seperti karet yang melindungi persendian. 

Karena penurunan kolagen dalam tubuh akan terus berlanjut seiring bertambahnya usia, maka gangguan sendiri seperti osteoarthritis pun bisa terjadi. 

Namun belakangan ini, penelitian menemukan bahwa suplemen kolagen bisa membantu memperbaiki gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Sebuah studi kasus menemukan bahwa para penderita osteoarthritis mengalami pemulihan sendi yang signifikan setelah mengkonsumsi kolagen secara rutin. 

Para peneliti berpendapat bahwa kolagen tambahan bisa menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan untuk menghasilkan kolagen. Dengan itu peradangan pada sendi bisa mengalami pemulihan secara perlahan.

Meski begitu, para penderita osteothritis tetap disarankan mengkonsumsi obat yang tepat selain memenuhi kebutuhan tubuh akan kolagen.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Healthline.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami