6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh
Sumber: HerZindangi

Health / 14 December 2022

Kalangan Sendiri

6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh

Lori Official Writer
2976

Kolagen adalah komponen kunci dalam mendukung pertumbuhan tulang, kulit, otot dan bagian tubuh lainnya. Kita pastinya seringkali mengkonsumsi suplemen dalam bentuk kolagen untuk mendukung kesehatan kulit dan yang lainnya, tapi apakah kita sudah menyadari manfaat kolagen dalam mendukung kesehatan tubuh?

Rata-rata atlet akan mengkonsumsi protein dalam konsentrasi yang tinggi untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Tetapi selain mengkonsumsi makanan tinggi protein, para atlet juga bisa mengonsumsi sumber protein dalam bentuk kolagen. 

Selain mendukung pemulihan dan pembentukan otot, kolagen juga bermanfaat dalam banyak hal mulai dari kesehatan kulit hingga rambut. Kolagen sendiri tersedia dalam bentuk kapsul, bubuk maupun makanan.

 

Sumber Kolagen Dalam Makanan

Selain tersedia dalam bentuk kapsul dan bubuk, kolagen juga bisa diperoleh melalui makanan. Kolagen bisa ditemukan di jaringan ikan hewan. Seperti kulit ayam, kulit babi, daging sapi dan ikan.

Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen, jadi pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti bbuah jeruk, brokoli dan paprika.

Namun proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia akan melalui proses pemecahan. Dalam proses ini, kolagen dalam makanan akan dipecah menjadi asam amino dan peptide individu. Berbeda dengan kolagen di dalam suplemen akan lebih mudah diserap oleh tubuh karena sudah melalui proses pemecahan lebih dulu.

Terlepas dari proses penyerapannya, mengkonsumsi kolagen dalam bentuk apapun tetap baik bagi tubuh.

 

6 manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen adalah komponen utama bagi kesehatan kulit. Zat ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitasnya. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen sehingga kulit akan cenderung kering dan berkerut. Karena itulah mereka yang mencapai usia 30-an disarankan mengkonsumsi kolagen untuk mempelambat penuaan kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi kolagen sebanyak 3-10 gram per hari selama 69 hari sangat bermanfaat dalam menjaga elastisitas kulit dan mencegah kulit kering dan keriput.

 

2. Meredakan nyeri sendi

Kolagen membantu kesehatan tulang rawan yaitu jaringan seperti karet yang melindungi persendian. 

Karena penurunan kolagen dalam tubuh akan terus berlanjut seiring bertambahnya usia, maka gangguan sendiri seperti osteoarthritis pun bisa terjadi. 

Namun belakangan ini, penelitian menemukan bahwa suplemen kolagen bisa membantu memperbaiki gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Sebuah studi kasus menemukan bahwa para penderita osteoarthritis mengalami pemulihan sendi yang signifikan setelah mengkonsumsi kolagen secara rutin. 

Para peneliti berpendapat bahwa kolagen tambahan bisa menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan untuk menghasilkan kolagen. Dengan itu peradangan pada sendi bisa mengalami pemulihan secara perlahan.

Meski begitu, para penderita osteothritis tetap disarankan mengkonsumsi obat yang tepat selain memenuhi kebutuhan tubuh akan kolagen.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

3. Mencegah keropos tulang

Struktur dan kekuatan tulang berasal dari kolagen. Sama seperti produksi kolagen yang semakin berkurang seiring waktu, massa tulang juga akan menyusut. Dalam kondisi ini, mereka yang sudah beranjak lanjut usia akan rentan terserang penyakit osteoporosis.

Namun untuk mencegah terjadinya osteoporosis dini, mengkonsumsi kolagen terbukti bisa membantu. Dalam sebuah studi terhadap 66 wanita menopause yang mengkonsumsi 5 gram kolagen secara rutin setiap hari selama 12 bulan mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang (BMD) sebesar 7% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kolagen.

 

4. Meningkatkan massa otot

Sebagai protein yang paling melimpah di dalam tubuh, kolagen merupakan komponen penting dari otot rangka. 

Studi menemukan bahwa suplemen kolagen membantu meningkatkan massa otot pada penderita sarkopedia atau yang kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia.

Dalam sebuah studi terhadap 27 pria lansia yang mengalami sarkopedia, mengkonsumsi kolagen sebesar 15 gram selama 12 minggu sembari melakukan olahraga teratur sangat bermanfaat menambah massa dan kekuatan otot.

 

5. Meningkatkan kesehatan jantung 

Para peneliti menemukan bahwa suplemen kolagen bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung. 

Kolagen dipercaya bisa meningkatkan jaringan arteri atau pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen yang cukupm jaringan arteri bisa semakin menurun dan kurang fleksibel. Dalam kondisi ini, biasanya akan sangat mudah mmuncul penyakit aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Hasil studi terhadpa 31 orang dewasa sehat yang mengkonsumsi 16 gram kolagen per hari memiliki pembuluh darah yang jauh lebih sehat. 

 

6. Membuat rambut tumbuh subur

Selain kelima manfaat di atas, mengkonsumsi kolagen rupanya sangat bermanfaat dalam menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut. Rambut bisa tumbuh semakin lebat dan subur. 

Selain itu, kolagen juga ditemukan sangat berguna dalam menjaga kesehatan otak dan menurunkan berat badan. Meski begitu manfaat ini masih terus diuji melalui penelitian.

 

Berapa jangka waktu kolagen bekerja dalam tubuh

Pergantian kolagen biasanya akan memakan waktu yang lambat dan cukup lama. Karena itu dibutuhkan setidaknya 8 minggu untuk melihat dan merasakan hasil nyata dari mengkonsumsi kolagen secara rutin.

Untuk manfaat kesehatan kulit dan mencegah peradangan sendi, para peneliti membutuhkan waktu selama 8 minggu untuk melihat hasil nyatanya. Sementara untuk kesehatan tulang, dibutuhkan waktu lebih kurang 12 bulan untuk melihat hasilnya.

Sama seperti proses membentuk otot melalui olahraga, untuk mendapatkan hasil dari suplemen kolagen bagi kesehatan tubuh dibutuhkan kesabaran dan kerajinan dalam mengkonsumsinya setiap hari. Tentunya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter atau ahli nutrisi. 

Sumber : Healthline.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami