Penemuan Siswa Menengah Ini Mengejutkan Pemandunya, Batu Kuno Berusia 3000 Tahun di Israe
Sumber: www1.cbn.com

News / 8 December 2022

Kalangan Sendiri

Penemuan Siswa Menengah Ini Mengejutkan Pemandunya, Batu Kuno Berusia 3000 Tahun di Israe

Claudia Jessica Official Writer
1793

Siswa sekolah menengah di Israel, baru-baru ini menemukan scarab atau segel kuno Kanaan berusia 3.000 tahun, yang berasal dari Zaman Perunggu Akhir, dekat atau tepat setelah waktu Musa memimpin orang Israel keluar dari Mesir. Scarab ini ditemukan saat siswa ini melakukan tur arkeologi di Azor dekat Tel Aviv.

“Kami sedang berjalan-jalan, kemudian saya melihat sesuatu yang tampak seperti mainan kecil di tanah,” kenang pemandu siswa, Gilad Stern dari Pusat Pendidikan Purbakala Israel. “Sebuah suara hati berkata kepada saya: ‘Ambil dan kembalikan.’ Saya tercengang: itu adalah scarab dengan pemandangan yang diukir dengan jelas, impian setiap arkeolog amatir. Para murid sangat bersemangat!”

Scarab diciptakan untuk menyerupai kumbang kotoran biasa. Orang Mesir, yang memerintah Kanaan pada Zaman Perunggu Akhir, menghormati kumbang karena kumbang akan mengamankan keturunannya dalam bola kotoran dua kali lebih besar dari kumbang itu sendiri. Itu berbicara kepada mereka sebagai inti dari penciptaan dan regenerasi, semacam model dari Tuhan Sang Pencipta

Amir Golani adalah pakar Zaman Perunggu di Israel Antiquities Authority (IAA). “Scarab digunakan sebagai segel dan merupakan simbol kekuasaan dan status. Itu mungkin ditempatkan di kalung atau cincin,” jelasnya.

“Itu mungkin jatuh dari tangan seorang tokoh otoritas penting yang melewati daerah itu, atau mungkin sengaja terkubur di tanah bersama dengan benda-benda lain, dan setelah ribuan tahun muncul ke permukaan,” lanjutnya.

Bagian datar dari scarab terlihat sosok yang sedang berdiri dan lengannya diangkat di atas orang yang duduk. Sosok yang berdiri memiliki kepala yang terentang atau memanjang, diyakini para ahli menggambarkan seorang Firaun Mesir berdiri di atas seorang Kanaan.

“Adegan ini pada dasarnya mencerminkan realitas geopolitik yang berlaku di tanah Kanaan selama Zaman Perunggu Akhir (1500-1000 SM), ketika penguasa lokal Kanaan hidup (dan terkadang memberontak) di bawah hegemoni politik dan budaya Mesir,” Dr. Golani mengamati. “Oleh karena itu, sangat mungkin segel ini memang berasal dari Zaman Perunggu Akhir ketika orang Kanaan setempat diperintah oleh Kekaisaran Mesir.”

Direktur Kepurbakalaan Israel Eli Escusido percaya bahwa sangat penting bagi siswa sekolah menengah untuk melihat penemuan semacam itu dalam tur mereka. Dia mengatakan itu “Simbolis, karena para murid memperoleh pengetahuan arkeologi, dan pada saat yang sama berkontribusi pada warisan arkeologi kita. Kerja sama ini benar-benar mengharukan, karena kami berupaya menghubungkan komunitas dengan warisan budaya mereka.”

Sumber : CBN News
Halaman :
1

Ikuti Kami