10 Hal yang Orang Tua Wajib Jelaskan ke Anak Soal Natal
Sumber: Jawaban.com

Parenting / 28 November 2022

Kalangan Sendiri

10 Hal yang Orang Tua Wajib Jelaskan ke Anak Soal Natal

Lori Official Writer
3692

Apakah ini kali pertama si kecil merayakan Natal? Jika ya, ini adalah waktu yang tepat buat orang tua untuk menyampaikan kabar baik soal Tuhan Yesus. 

Bagaimana caranya? Sampaikan beberapa hal penting ini yuk.

1. Sejarah Natal

Sejak usia belia, ajarkan anak tentang sejarah Natal sesuai dengan kisah yang tercatat di dalam Alkitab. Bagi anak perlu tahu asal usul Yesus di 2000 tahun yang lalu.

 

2. Kelahiran Yesus adalah hadiah

Beritahu anak bahwa kelahiran Yesus ke dunia adalah hadiah terindah bagi umat manusia. Yesus adalah anak Allah karena itu Dia dinamakan Immanuel, yang artinya ‘Tuhan menyertai kita’.

 

3. Kelahiran Yesus adalah awal perjalanan menuju salib

Gemerlapnya lampu Natal dan dekorasi warna warni di sana sini adalah suasana yang identik dengan Natal. Sama seperti orang tua yang akan mneyambut kelahiran anggota baru dalam keluarga, biasanya juga akan membuat perayaan kelahiran. 

Kelahiran Yesus memang dipenuhi dengan sukacita. Tetapi anak perlu tahu kalau ini adalah awal perjalanan Yesus menuju salib.

 

Baca Juga: 10 Lagu Natal Terbaik Anak Sekolah Minggu

 

4. Natal adalah kesederhanaan

Di zaman ini, Natal sudah dipakai sebagai alat komersial. Budaya materialistis pun mulai beradaptasi di perayaan-perayaan Natal kita. 

Karena itu belum terlambat untuk menyampaikan kebenaran kepada anak bahwa esensi dari Natal sebenarnya adalah tentang Yesus dan bukan diri kita. Anak perlu diajarkan bahwa Natal adalah tentang kesederhanaan bayi Yesus yang lahir di kandang domba.

 

5. Natal adalah bukti kasih Tuhan

Jika anak masih bingung tentang apa itu Natal, sampaikan bahwa perayaan ini adalah bentuk kasih Tuhan bagi manusia. Jadi Natal adalah bukti kasih Tuhan atas manusia. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

6. Natal adalah jembatan penghubung manusia dengan Allah

Mungkin anak mulai penasaran kenapa ada Bapa di surga dan ada Yesus. Kenapa Tuhan harus dilahirkan ke dunia? 

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan sederhana yaitu bahwa Yesus adalah jembatan penghubung antara manusia berdosa dengan Bapa Surgawi yang suci dan yang sempurna (Roma 3: 23). Lewat kelahiran Yesus, manusia kembali dipersatukan dengan Bapa.

 

7. Natal dirayakan oleh semua orang

Anda perlu membagikan pandangan bahwa Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang-orang berdosa (1 Timotius 1: 15). Tuhan mengasihi semua orang, tanpa terkecuali. Karena itu kelahiran Yesus harusnya dirayakan oleh semua orang. Jadi orang tua bisa menantang anak untuk mau berbagi hadiah Natal dengan anak lainnya.

 

Baca Juga: 7 Ide Kreatif Rayakan Natal di Gereja

 

8. Natal adalah momen mengalami kasih yang melimpah

Kenapa Natal identik dengan kasih? Ini adalah poin yang penting untuk Anda sampaikan ke anak. Satu-satunya alasan Yesus lahir ke dunia adalah karena kasih-Nya bagi manusia. Karena itulah Dia rela menyerahkan nyawa-Nya untuk kita (Yohanes 10: 18). Dan Dia menyatakan kasih itu di pagi Natal saat kita bangun. 

 

9. Natal adalah kesempatan untuk melayani

Natal bisa jadi kesempatan untuk anak belajar tentang karakter Yesus. Beritahu anak bahwa anak bukan hanya menikmati pesta dan mendapat hadiah. 

Tapi ajak anak untuk ambil bagian melayani orang lain. Latih anak untuk menghidupi karakter ini sejak belia.

 

10. Natal adalah janji perdamaian Tuhan atas dunia

Perkenalkan Yesus ke anak sebagai juru damai yang sudah Tuhan janjikan di Alkitab. Bagikan lagu-lagu Natal yang berisi lirik-lirik yang menyampaikan tentang perdamaian yang Tuhan janjikan itu.

Semoga di Natal tahun ini, anak-anak Anda mengalami kasih Tuhan secara pribadi.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami