Dari Pernikahan Yakub, Kita Bisa Belajar Tentang 3 Kebenaran Ini! Ada Tentang Poligami

Relationship / 15 November 2022

Kalangan Sendiri

Dari Pernikahan Yakub, Kita Bisa Belajar Tentang 3 Kebenaran Ini! Ada Tentang Poligami

Claudia Jessica Official Writer
3765

3. Pernikahan tidak harus didasari oleh penampilan fisik

Kebenaran ketiga yang dapat kita pelajari dari hubungan Yakub dan Rahel adalah bahwa pernikahan tidak boleh didasarkan pada penampilan fisik. Rahel sangat cantik, dan itu membuat Yakub tertarik padanya. Alkitab memberi tahu kita, “Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya.” (Kejadian 29:17).

Karena Rahel cantik, Yakub lebih mencintainya daripada Lea. Terlepas dari penampilan fisik Rahel, kita tidak pernah diberitahu bahwa dia adalah pengikut Tuhan. Faktanya, Alkitab memberitahu kita bahwa Rahel membawa salah satu dewa rumah tangga ayahnya ketika mereka pergi (Kejadian 31:19, 34).

Amsal 31:30 mengatakan, “Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.”

Lea adalah seorang wanita yang mengasihi Tuhan dan mengikuti Dia. Lea memanggil-Nya dalam kesusahannya, dan Tuhan mendengarnya. Sementara Rahel cantik di luar, tetapi kita tidak pernah diberitahu bahwa dia cantik di dalam. Di mata Tuhan, Lea cantik karena dia mengasihi-Nya, mengikuti-Nya, dan menaati-Nya.

Pernikahan tidak boleh didasarkan pada penampilan fisik karena cinta tidak didasarkan pada fitur sekilas seseorang. Saat Anda mencintai seseorang, itu karena karakter di dalamnya, bukan karena betapa parasnya mereka yang rupawan.

Sebaliknya, kami mencintai mereka yang baik hati, perhatian, dan penyayang. Tidak masalah seperti apa penampilan mereka. Tentu saja, orang yang menarik itu bagus untuk dilihat, tetapi jika kita berhenti dan berpikir, kebanyakan dari kita lebih suka menghabiskan waktu dengan seseorang yang benar-benar kita sayangi, yang hati dan jiwanya cantik terlepas dari penampilan luarnya.

Mengenai hubungan, kita harus mengasihi orang lain karena kita menghargai mereka sebagai pribadi yang diciptakan menurut gambar Allah, bukan karena mereka terlihat menarik dari luar. Saat Anda menjalin hubungan, cobalah untuk lebih fokus pada kecantikan batin individu daripada penampilan luarnya. Rasul Petrus memberi tahu kita, “Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.” (1 Petrus 3:3-4)

Hubungan perlu dibangun di atas Tuhan dan definisi cinta yang alkitabiah. Orang Kristen seharusnya tidak memiliki hubungan dengan mereka yang tidak mengenal Tuhan, kita juga tidak boleh memiliki hubungan di luar batas kasih alkitabiah.

Meskipun Yakub dan Rahel terkenal dalam studi teologi, hubungan mereka mengalami banyak kesulitan, yang Tuhan ingin agar kita hindari. Kita dapat belajar dari hubungan Yakub dan Rahel bahwa kita tidak boleh pilih kasih, berpoligami, atau mendasarkan pernikahan pada penampilan fisik.

Jika kita memahami kebenaran ini dan menerapkannya, itu akan membantu kita dalam hubungan kita sendiri. Tuhan ingin kita memiliki hubungan yang sehat yang dibangun dalam kasih yang sejati dan memberi kehidupan

 

Sumber : iBelieve
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami