Buat Anda yang Sulit Bersyukur, Coba Lakukan 10 Tips Ini…
Sumber: catholic religious

Kata Alkitab / 6 November 2022

Kalangan Sendiri

Buat Anda yang Sulit Bersyukur, Coba Lakukan 10 Tips Ini…

Lori Official Writer
9085

Selalu berpikiran negatif terhadap diri sendiri? Suka komplain dan gak terima sama keadaan yang terjadi? Mungkin kamu sedang mengalami masalah hati dimana pikiran negatif yang terus muncul membuatmu sulit untuk bersyukur.

Ada 10 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir pikiran negatif itu dan mengubahkan hatimu jadi lebih mudah bersyukur.

#1  Jangan berhenti mengampuni

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengubah karakter yang baik menjadi buruk adalah karena membiarkan akar dosa tumbuh di dalam hati kita. Semua orang memang berdosa, tapi bagaimana kita berusaha untuk menjauhkan diri dari dosa adalah pekerjaan kita.

Waktu kita mengakui dosa kita, Tuhan memberikan pengampunan melalui Yesus. Tapi waktu kita mengampuni seseorang maka kita punya kesempatan untuk menikmati sukacita dan rasa syukur.

Jadi ambillah waktu untuk mengampuni dan bagaimana kamu mengalami sukacita. Dan lihatlah bagaimana karaktermu diubahkan. Kamu akan merasakan bagaimana hatimu bebas untuk mengucap syukur.

 

#2  Lepaskan semua pikiran-pikiran yang tak penting

Saat kita bersikap terbuka melepaskan semua masalah dalam hidup kita, Tuhan akan bebas bekerja. Tuhan akan mengambil alih keadaan di luar kendali kita dan memakainya untuk menyatakan kemuliaan-Nya.

Jadi, mintalah hati untuk terbuka dan mau bersyukur.

 

Baca Juga :

Bersyukur, Cara Terbaik Tuk Ucapkan Terima Kasih kepada Tuhan!

Berkat Ibu Mertua, Aku Belajar Bersyukur Atas Suamiku Saat Ini

 

#3  Pilihlah untuk tetap bersukacita

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.” 1 Yakobus 1: 2-3

Semua orang pasti pernah berada dalam situasi yang sulit. Tapi hal penting yang Tuhan mau kita lakukan saat menghadapi situasi ini adalah respon hati kita.

Alih-alih menggerutu atau menyalahkan Tuhan atas situasi yang kita alami, lebih baik bertanya ‘Apa sih yang Tuhan mau ajarkan lewat masalah ini?’ Dengan itu kita akan tetap bisa menghadapinya tanpa kehilangan sukacita.

 

#4  Bikin catatan harian

Hal ini terbilang unik. Karena membuat catatan ucapan syukur harian sesuatu yang asing mungkin buat sebagian besar dari kita. Tapi percayalah! Cara ini benar-benar efektif untuk mengubah cara berpikirmu yang negatif menjadi positif. Kalau perlu bubuhkan satu ayat yang menguatkanmu setiap harinya.

 

#5  Hafalkan ayat firman

Menghafal ayat firman akan menjaga pikiranmu dari pikiran-pikiran yang negatif. Untuk bisa menghafalkan ayat lebih banyak, gunakan beberapa metode seperti menempelnya di dinding kamar, di pintu, di lemari es, di mobil dan di spot-spot yang mudah untuk dilihat.

 

#6  Tetap fokuskan pikiran kepada Tuhan

Yesus berkata supaya kita harus terikat dengan Tuhan karena diluar Dia kita tidak bisa melakukan apa-apa (Yohanes 15: 5).

Waktu kita terus-menerus terhubung dengan Tuhan, kita pasti akan percaya penuh kepadaNya.

Gimana cara terkoneksi? Baca firman, berdoa, mendengar, menulis dan berpuasa. Dengan itulah Tuhan akan memurnikan kembali hati dan pikiranmu.

 

#7  Layani orang lain

Keegoisan yang tinggi dengan selalu memikirkan diri sendiri bisa membuat kita dikuasai pikiran negatif. Untuk keluar dari rasa egois ini, kamu perlu keluar dari kandang dan hadir sebagai pelayan bagi orang lain.

Kamu bisa coba jadi volunteer (sukarelawan) bagi anak-anak, korban bencana alam, atau membantu dalam kegiatan sosial. Dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti ini akan membuat kita bersukacita dan lebih bersyukur.

 

Baca Juga:

3 Kebiasaan Orang-orang Sehat dan Bahagia

Hanya Ini yang Mampu Selesaikan Masalah Tidurmu

 

#8  Jangan membanding-bandingkan

Sikap membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita gak pernah merasa cukup. Jadi, fokuslah memandang kepada apa yang sudah kita punya.

Tuhan sendiri mau supaya kita berpuas diri dengan segala karunia yang diberikannya atas kita.

 

#9  Bermurah hatilah

Sama seperti mau jadi pelayan, bermurah hati dengan menolong orang lain baik secara materi maupun tenaga akan sangat memberkati kita. Bukan cuma membuat kita bahagia, tapi kita juga akan merasa berguna bagi orang lain.

 

#10 Latihlah dirimu setiap hari

Kalau kamu sedang menghadapi masalah soal sulit bersyukur, kamu bisa melatih dirimu untuk berubah setiap harinya.

Ambillah waktu setiap hari untuk merenungkan satu hal yang perlu disyukuri. Mungkin itu soal pekerjaan, keluarga, anak, istri atau keuangan. Bayangkan bagaimana Tuhan sudah memberkatimu dengan segala hal yang kamu sudah miliki. Lakukanlah hal ini setiap hari, sampai pikiranmu diubahkan menjadi lebih positif.

 

Buat Anda yang sedang bergumul dengan beban tertentu. Jangan putus asa! Sembari melakukan 10 tips di atas, Anda juga bisa membagikan masalah yang Anda hadapi saat ini kepada kami melalui bantuan layanan konseling Sahabat24 kami di kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Ibelieve.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami