Tahukah Anda Hari Kerohanian Dirayakan Setiap 3 November Lho! Begini Sejarahnya…

News / 3 November 2022

Kalangan Sendiri

Tahukah Anda Hari Kerohanian Dirayakan Setiap 3 November Lho! Begini Sejarahnya…

Lori Official Writer
397

Setiap tahunnya, Indonesia menetapkan tanggal 3 November 2022 sebagai Hari Kerohanian. Peringatan ini sendiri ditujukan untuk semua kalangan agama yang diakui di Indonesia, seperti Hindu, Budha, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Islam dan Konghucu.

Adapun tujuan dari peringatan Hari Kerohanian ini adalah agar masyarakat bisa menciptakan budaya toleransi antar sesama umat beragama, yaitu dengan menunjukkan sikap saling menghargai sesama umat beragama lain, saling berbagi kasih dan menebar rasa cinta satu dengan yang lainnya.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kerohanian berasal dari kata rohani yang berkaitan dengan roh atau rohaniah. Dengan kata lain merujuk pada sifat atau perihal rohani yang berkaitan dengan keyakinan agama seseorang.

Bersyukur jika Indonesia dipercayakan Tuhan menjadi sebuah bangsa yang hidup di tengah beragam latar belakangan agama, budaya dan ras. Karena dengan itu kita bisa belajar untuk saling menghormati, menerima dan hidup berdampingan di tengah perbedaan. 

Semoga dengan peringatan Hari Kerohanian ini, kita disadarkan untuk terus memupuk toleransi terhadap sesama. Dengan itu ke depannya setiap persoalan seperti diskriminasi yang mengatasnamakan agama tak lagi terjadi.

Hari ini, sebagai tubuh Kristus atau gereja Tuhan mari mengamalkan kasih melalui sikap dan tindakan kita kepada sesama.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22: 37-39)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami