10 Kebenaran Firman Tuhan yang Patut Diajarkan Gereja Kepada Anak Muda
Sumber: campaign asia

Kata Alkitab / 28 October 2022

Kalangan Sendiri

10 Kebenaran Firman Tuhan yang Patut Diajarkan Gereja Kepada Anak Muda

Lori Official Writer
3024

Kaum muda atau anak muda bukan saja menjadi masa depan bangsa, tetapi anak muda juga menentukan masa depan gereja Tuhan. Tentu saja para orangtua akan senang menyaksikan anak-anaknya tumbuh menjadi pemuda dan pemudi yang mengasihi Tuhan dan mau mengambil bagian di dalam pelayanan.

Peran generasi muda memang tidak terbatas hanya sekadar melayani di gereja. Kebenarannya adalah Tuhan merancangkan setiap anak muda ini untuk terlibat di dalam kepentingan bangsa. Itu sebabnya, gereja berperan untuk membentuk anak-anak muda memahami panggilannya dalam hidup melalui pelayanan hingga nantinya mereka siap terjun melayani bangsanya melalui bidang pekerjaan yang akan mereka ambil nantinya.

Sosok Timotius adalah salah satu gambaran teladan anak yang bisa ditiru oleh anak muda saat ini. Dia berkhotbah di usianya yang masih sangat muda. Tetapi Paulus mengingatkan supaya dia tidak merasa enggan untuk melayani meskipun usianya masih sangat muda. 

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4: 12)

Paulus menyampaikan melalui ayat ini supaya anak-anak muda menjadi teladan di dalam:

1. Firman kebenaran – Memiliki tutur kata yang jujur dan penuh kasih (Efesus 4: 15)

2. Perilaku – memperhatikan kehidupan dan tindakan yang harus selalu didasarkan pada firman Tuhan. Tidak munafik (Titus 1: 16).

3. Penuh kasih – Mengasihi karena kita mengasihi Tuhan dan sesama. Tutur kata dan perbuatan menjadi cerminan dari kasih.

4. Hidup di dalam roh – Kehidupan harus mencerminkan kasih dan penghormatan kepada Tuhan.

5. Hidup mengandalkan iman – Dengan itu kita mengakui bahwa Tuhan berkuasa dan berdaulat atas segala sesuatunya.

6. Murni – Di dalam segala keadaan, tetaplah hidup dengan pikiran, hati dan tubuh yang murni dan tak bercela.

Menghasilkan anak muda yang menghidupi 6 poin ini tentu saja membutuhkan proses penempahan. Untuk itulah penting bagi gereja untuk membimbing, mengajar dan mengarahkan anak muda.

Inilah 10 kebenaran firman Tuhan yang bisa gereja ajarkan kepada anak-anak muda.

1. 1 Timotius 5: 1-2

Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

 

2. Mazmur 119: 9

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

 

3. 1 Petrus 5: 5-9

Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami