Fakta Alkitab: Lukas, Tabib yang Menulis 2 Kitab di Perjanjian Baru, Apa Saja?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 28 October 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Lukas, Tabib yang Menulis 2 Kitab di Perjanjian Baru, Apa Saja?

Claudia Jessica Official Writer
5019

Lukas Adalah Anak Didik Paulus

Tuhan memakai dua orang rasul dan dua orang awam untuk menulis ke-4 kitab Injil. Matius dan Yohanes adalah Rasul, keduanya merupakan bagian dari 12 murid Yesus. Sementara Markus dan Lukas bukanlah rasul. Karena satu perkara baru sah, jika ada 2 saksi (2 Korintus 13:1). Jadi Tuhan memakai 2 saksi dari kalangan rasul dan Tuhan memakai 2 saksi dari kaum awam.

Meski Markus dan Lukas bukanlah rasul, namun dibalik keduanya ada rasul-rasul yang membimbing mereka. Markus dibimbing oleh Petrus (1 Petrus 5:13), sementara Lukas adalah anak didik daripada Paulus (Filemon 1:24, Kolose 4:14, 2 Timotius 4:14). Pelayanan dan karya Lukas sangat dipengaruhi oleh Rasul Paulus.

 

Kematian Lukas

Setelah melayani Tuhan secara terus-menerus, hidup selibat dan tanpa anak, serta dipenuhi dengan Roh Kudus, maka Lukas wafat di usia 84 tahun. Beberapa manuskrip tradisi Katolik mengatakan bahwa Lukas meninggal dunia dan dimakamkan di Thebes, Yunani. Sebagian relik kemudian dipindahkan ke Konstantinopel pada tahun 357.

Setelah Kota Konstantinopel jatuh ke tangan Ottoman Turki Relik tersebut dibeli oleh Raja George dari Serbia. Saat Serbia kemudian juga ditaklukan oleh Ottoman Turki, relik Santo Lukas tersebut di selamatkan ke Venesia Italia.

Pada tahun 1992, Uskup Agung Gereja Orthodoks Yunani wilayah Athena dan seluruh Yunani, atas nama Gereja Katolik Orthodoks Yunani meminta pada Uskup Agung Venecia Antonio Mattiazzo di Padua agar relik Santo Lukas dapat dipulangkan dan akan ditempatkan kembali dalam makam Penginjil Suci tersebut. Permintaan ini dikabulkan oleh Gereja Katolik Roma. Uskup Padua kemudian mengirimkan ke Keuskupan Metropolitan Athena sebagian relik Lukas untuk disimpan kembali di makamnya di Thebes, Yunani.

Dengan demikian, saat ini, relik Lukas terbagi di tiga tempat: Sebagian, di Biara Santa Giustina di Padua, sebagian lain di Katedral St. Vitus di Praha, dan sebagian yang lain ada di makamnya di Thebes Yunani

Meskipun Lukas tidak pernah bertemu dengan Yesus semasa hidupnya, namun Lukas berbicara dengan para saksi awal yang mengenal Yesus secara pribadi. Lukas mencatat semua perbuatan Yesus yang mereka lihat dan perkataan Yesus yang mereka dengar.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami