Apa Dampak Kesetiaan yang Sebenarnya Bagi Tuhan dan Keluarga?
Sumber: https://www.lwf.org/

Kata Alkitab / 25 October 2022

Kalangan Sendiri

Apa Dampak Kesetiaan yang Sebenarnya Bagi Tuhan dan Keluarga?

Lori Official Writer
4060

Kita adalah keturunan Adam dan Hawa, karena itu kita akan selalu punya kecenderungan untuk melakukan dosa. Kecenderungan Gomer berzinah seharusnya bisa ditanggulangi jika dia mau melekat kepada Hosea. Jadi, Tuhan tidak pernah merancangkan kecelakaan kepada sebuah pernikahan.

Mungkin orang yang kita nikahi tidak punya jaminan apa-apa untuk tidak memiliki kecenderungan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Atau tidak punya jaminan untuk tidak menghormati suaminya. Karena kecenderungan yang kita miliki inilah, kita perlu melibatkan Tuhan di dalam pernikahan kita. Jika kita tidak melibatkan Tuhan maka suami istri bisa saja sama seperti Ananias dan Safira. Mereka sepakat untuk melakukan kejahatan yaitu tidak jujur dalam hal uang.

Dari Hosea kita belajar bahwa Tuhan memberi tuags kepada seorang laki-laki untuk mempertahankan keluarganya. Laki-laki harus bisa diandalkan di dalam rumah tangganya dan supaya semua laki-laki takut akan Tuhan dan menjadi pemimpin andalan di dalam bisnis, gereja dan keluarga.

Jika ketidaksetiaan masih ada di dalam rumah tangga, maka dampaknya bisa begitu melukai anak. Itu menjadi kutuk yang terus berulang sampai kepada keturunan. Anak akan kena getah akibat perselingkuhan ayahnya. Anak akan mengalami trauma akibat tindakan ayahnya yang buruk. Hal ini bahkan bisa berdampak kepada pernikahan anak. Jadi sekalipun dosa dilakukan secara pribadi namun konsekuensinya ditanggung oleh orang banyak.

Karena itulah pria harus setia, karena dia tidak ingin mewarisi kutuk kepada keturunannya. Jadi apapun yang kita lakukan pasti ada imbasnya kepada orang lain khususnya orang-orang yang kita cintai.

Mari belajar untuk setia sebelum melakukan sesuatu yang merugikan keluarga kita. Apalagi jika keturunan kita mewarisi dosa kita. 

Namun bagi anak-anak yang mewarisi dosa orangtuanya, Tuhan tidak akan tinggal diam. Dosa yang diwariskan orangtua bukanlah dosa anak. Karena itulah penting untuk mematahkan kutuk melalui iman di dalam Kristus. Kenakanlah perlengkapan senjata Allah.

Tuhan tidak anti dengan anak-anak orang berdosa. Dia memperjuangkan mereka karena Tuhan Yesus itu adalah juruselamatnya orang berdosa.

Ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang setia.

1. Jangan percaya takdir, percayalah kepada Tuhan. Terimalah Yesus dengan sungguh-sungguh.

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5: 17) 

2. Hiduplah dalam Roh yang berlawanan. Orang-orang percaya harus melawan arus dunia. Peganglah prinsip-prinsip yang radikal. 

3. Jangkaulah orang-orang yang masih hidup di dalam kecenderungan dosa. Peperangan kita bukan melawan darah dan danging tetapi melawan roh. Jadi berperanglah untuk mereka di dalam roh.

Orang yang belajar setia melayani Tuhan dia sendiri akan lebih setia kepada Tuhannya. Setialah kepada Tuhan maka upah besar sedang menanti di depan.

Sumber : Ps.Philip Mantofa
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami