Larang Anak Minum Paracetamol, Ini Klarifikasi Ketua IDAI

News / 19 October 2022

Kalangan Sendiri

Larang Anak Minum Paracetamol, Ini Klarifikasi Ketua IDAI

Aprita L Ekanaru Official Writer
790

Belakangan, kita dikejutkan oleh kabar yang beredar mengenai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) Piprim Basarah yang disebut menghentikan sementara penggunaan paracetamol cair untuk anak.

Hal tersebut dikaitkan dengan gangguan ginjal akut misterius atau Acute Kidney Injury Unknown Origin (AKIUO) yang kemudian dikaitkan juga dengan angka kematian pada anak di Gambia. Anak-anak itu meninggal karena mengalami gangguan ginjal usai mengkonsumsi obat batuk cair dari India.

“Mohon maaf tidak seperti itu beritanya, saya cerita kasus di Yogyakarta itu ada kakak adik. Kakaknya yang minum paracetamol sirup, dia enggak apa-apa. Adiknya yang nggak minum obat apa-apa, dia kena AKI dan meninggal,” ujar Piprim dalam konferensi pers daring, Selasa (18/10/2022).

Menurut Pimprim, pernyataan soal penghentian sementara paracetamol cair tidak benar.

“Makanya kita enggak bisa bilang ini gara-gara paracetamol sirup, belum tentu. Makanya hati-hati kita menyimpulkan. Walaupun saya menyebut sebagai kewaspadaan dini, nggak bisa kemudian diartikan dilarang,” lanjutnya. 

Hingga kini, Piprim juga telah menegaskan bahwa penyebab gangguan ginjal akut masih belum ditemukan. Masih dalam proses investigasi, sehingga belum dapat disimpulkan.

“Kalau bicara masalah penyebab, ini kan masih ada beberapa teori ya. Ada yang MISC, ada juga kecurigaan terhadap obat-obatan yang mengandung etilen glikol ini juga sedang kita periksa.”

Piprim juga menegaskan bahwa dengan adanya kasus yang terjadi di Gambia dari kecurigaan etilen glikol yang salah satunya terdapat pada paracetamol sirup, maka sebagai kewaspadaan dini IDAI telah mengeluarkan rekomendasi untuk tidak menggunakan paracetamol sirup terlebih dahulu. Ia juga menggarisbawahi bahwa hal ini merupakan sebuah kewaspadaan dini, karena melarang atau menarik obat bukanlah wewenang dari IDAI.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->>

Sumber : Liputan 6 | Halodoc
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami