Obat Jadi Penyebab Kematian Puluhan Anak Gambia, Indonesia Larang Obat Batuk Ini Beredar
Sumber: iStock

Health / 17 October 2022

Kalangan Sendiri

Obat Jadi Penyebab Kematian Puluhan Anak Gambia, Indonesia Larang Obat Batuk Ini Beredar

Lori Official Writer
2404

Bahan kimia yang terdapat di dalam obat memang bisa sangat berbahaya bagi anak di bawah umur. Karena itu dianggap lebih aman untuk menggunakan bahan rumahan seperti:

1. Madu

Madu memiliki fungsi yang sama dengan Dekstrometorfan. Untuk anak usia di atas 12 bulan, madu bisa membantu meringankan batuk berat. Namun madu sangat dilarang untuk diberikan kepada anak usia di bawah 12 bulan.

Sangat disarankan untuk memberi hanya sekitar setengah hingga 1 sendok teh madu sebanyak 4 kali sehari. Caranya bisa langsung diteguk maupun dilarutkan di dalam air hangat.

 

2.  Pasang Humidifier 

Humidifier bisa membantu meredakan nafas. Dengan memasang humidifier saluran udara akan tetap lembab dan membantu meredakan hidung anak yang sedang tersumbat. 

BPOM merekomendasikan untuk tidak memakai humidier yang menghasilkan uap panas karena dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung sehingga membuat pernapasan tersumbat.

 

Baca Juga: Waspadai Gagal Ginjal Pada Anak, Kenali Gejala dan Cara Penanganan Ini

 

3.  Balsem Gosok

Anak-anak di atas 2 tahun mungkin akan mendapatkan manfaat dari balsam gosok saat batuk. Dengan kandungan menthol-nya, balsem bisa sangat membantu meredakan gejala batuk dan hidung yang tersumbat sehingga anak bisa tidur lebih nyenyak. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan balsem gosok di area leher dan dada anak.

 

4. Minum Air Hangat

Saat batuk, anak sangat disarankan untuk minum air hangat yang cukup. Air hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Karena itu pastikan untuk memberikan air hangat secara rutin untuk diminum anak selama batuk.

 

5. Air Jahe dan Kunyit

Air jahe juga bisa digunakan sebagai pereda batuk pada anak. Sajikan dengan mengiris jahe dan kunyit tipis-tipis. Lalu rebus dengan air secukupnya, setelah itu tambahkan sedikit madu dan berikan ke anak selagi hangat. Ramuan ini sangat ampuh untuk meredakan batuk secara alami pada anak. Namun perlu dicatat jika ramuan ini hanya bisa diberikan kepada anak di atas 2 tahun ya!

Tentu saja pengobatan alternatif ini bekerja dengan cara yang berbeda kepada masing-masing anak. Jika ternyata kondisi batuk anak semakin parah, segera bawa anak ke dokter terpercaya Anda.

Salam sehat dan Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Medicalnewstoday.com | Fda.gov
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami