5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Kata Dokter Bisa Lawan Radikal Bebas?
Sumber: canva.com

Health / 13 October 2022

Kalangan Sendiri

5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Kata Dokter Bisa Lawan Radikal Bebas?

Claudia Jessica Official Writer
2313

Ketumbar, salah satu rempah-rempah yang seringkali digunakan sebagai bumbu memasak ini rupanya punya manfaat yang cukup banyak lho!

Berasal dari antioksidan dan minyak atsirinya, biji ketumbar mengandung berbagai nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam biji ketumbar antara lain antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, seng, tembaga, fosfor, folat, dan mangan.

Nah, apa saja sih manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh?

 

1. Melawan radikal bebas

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam ketumbar seperti quercetin, flavonoid, terpinene, dan lutein mengandung antioksidan yang cukup kuat untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh. Zat antioksidan yang terkandung dalam biji ketumbar berperang penting dalam mengurangi peradangan dan menurunkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker.

 

BACA JUGA: Tak Banyak Yang Tahu. Begini Caranya Agar Ketumbar Bermanfaat Bagi Kesehatan Kita!

 

2. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat

Ekstrak dari biji ketumbar mampu bertindak sebagai diuretik, yang membantu tubuh manusia untuk membuang zat beracun, kelebihan air dan natrium dari dalam tubuh yang dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

 

3. Melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh

Ketumbar mengandung senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba yang disebut dodecanal. Dodecanal ini mampu melawan dan membasmi bakteri yang biasanya menyebabkan diare maupun keracunan makanan, yaitu E.coli dan Salmonella. Selain itu, dodecanal juga mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

4. Menurunkan kadar gula darah

Mengutip dari alodokter.com, beberapa riset mengenai air ketumbar dapat meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin yang bekerja untuk membantu glukosa dari makanan untuk menjadi energi, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

Dengan demikian, maka air ketumbar dapat mengurangi resiko penyakit diabetes. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda tidak bisa hanya mengandalkan air ketumbar untuk mencegah diabetes dan terus mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula. Tetaplah lakukan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin, mengurangi asupan gula, menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

 

BACA JUGA: Ear Candle, Bikin Telinga Bersih Tapi Bahaya? Mana yang Benar?

 

5. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat dari air ketumbar yang terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, dan mual. Kandungan serat yang terkandung dalam ketumbar dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan secara keseluruhan.

Sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang terkandung dalam biji ketumbar ini adalah obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Untuk mendapatkan kelima khasiat di atas, Anda cukup mengkonsumsi air ketumbar. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu merebus 2 sdm ketumbar dengan 1 liter air selama 15 menit. Jangan lupa untuk menyaring biji ketumbar dari air rebusannya dan biarkan selama kurang lebih 2 jam sebelum diminum.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami