4 Cara Praktis Sembuh Dari Duka Setelah Pasangan Meninggal

Relationship / 6 October 2022

Kalangan Sendiri

4 Cara Praktis Sembuh Dari Duka Setelah Pasangan Meninggal

Lori Official Writer
509

Kehilangan adalah bagian dari kehidupan. Tapi untuk menghadapinya sangatlah tidak mudah. Apalagi saat berhadapan dengan kematian orang terkasih, yang bahkan kejadiannya secara tiba-tiba. 

Sebagian orang membutuhkan proses penyembuhan yang lebih cepat dan beberapa lainnya lebih lama. Ada juga yang benar-benar kehilangan semangat hidup dan terpuruk. Karena itu penting sekali untuk melakukan 4 cara praktis ini untuk segera sembuh setelah pasangan meninggal.

1. Biarkan diri Anda berduka

Kehilangan suami atau istri terkasih tentu butuh waktu. Jadi jangan terburu-buru dan memaksa diri. Berikan waktu untuk merasakan emosi Anda dan menghadapinya secara perlahan.

 

Baca Juga: 16 Ayat Alkitab Penghiburan Bagi yang Kehilangan Orang Terkasih

 

2. Dapatkan konseling

Menangis tanpa henti setiap kali mengingat pasangan, kehilangan semangat hidup dan memilih mengurung diri adalah ciri-ciri dari duka yang mendalam. 

Saat mengalami tanda-tanda ini, akan jauh lebih baik untuk mendapatkan bantuan dari konseling atau psikiater terpercaya. Cara ini akan sangat membantu meringankan beban emosional yang tertahan di dalam diri.

 

3. Ikuti komunitas

Salah satu peran komunitas adalah menjadi saudara di masa-masa sukar. Komunitas bisa menjadi sumber dukungan terbaik selama melalui masa-masa kehilangan. 

Jika komunitas gereja atau rohani Anda mencoba untuk menjangkau Anda di masa-masa kehilangan ini, terimalah dengan tangan terbuka. Buka diri untuk menerima dukungan berupa pendampingan maupun dorongan spiritual.

 

Baca Juga: Baru Kehilangan Orang Terkasih, Bantu Pasangan Lewati Duka dengan 10 Cara Ini (1/2)

 

4. Lakukan hal baru 

Menjauhkan diri dari ingatan tentang pasangan bisa membantu meringankan kehilangan. Cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan baru yang bersifat rutin seperti berkebun, kursus, nge-gym atau jalan-jalan.

Sebagai saudara seiman, kita juga diingatkan untuk tidak kehilangan harapan. Karena apapun yang terjadi di dalam hidup kita pasti selalu punya tujuan terbaik. Karena itu Anda bisa merenungi beberapa ayat kehilangan di bawah ini:

Yesaya 41: 10

janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

 

Wahyu 21: 4

Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.

 

Matius 5: 4

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

 

Baca Juga: Jangan Ucapkan 7 Kalimat Ini Kepada Orang yang Berduka

 

Yohanes 16: 22

Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

 

Roma 8: 28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Percayalah kesembuhan butuh proses dan Anda juga membutuhkannya.

 

Jika Anda membutuhkan dukungan doa dan konseling, silahkan hubungi Layanan Doa & Konseling kami Sahabat24 melalui Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami