Biar Gak Diabetes, Batasi Konsumsi Gula Per Hari Hanya Sebanyak Ini…

Health / 28 September 2022

Kalangan Sendiri

Biar Gak Diabetes, Batasi Konsumsi Gula Per Hari Hanya Sebanyak Ini…

Lori Official Writer
874

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan setiap hari bisa menjadi penyebab utama obesitas dan diabetes tipe 2.

Kehadiran beragam gerai minuman di Indonesia belakangan ini menumbuhkan kebiasaan baru masyarakat selama beberapa tahun belakangan ini. Kandungan gula yang terkandung di dalam minuman ini pun terbilang cukup tinggi. Bayangkan jika seseorang mengkonsumsi minuman ini secara teratur setiap hari, maka potensi diabetes tipe 2.

Kebiasaan minuman manis inipun mengungkap fakta terbaru dari Data International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021 menyampaikan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia.

Mengejutkannya, angka ini meningkat hampir dua kali lipat hanya dalam waktu dua tahun dari tahun 2019 masih berada di angka 10.7 juta. Di tahun 2020, penderita diabetes di Indonesia sudah mencapai 18 juta.

Bahayanya, diabetes tipe 2 bisa menyebabkan komplikasi seperti stroke, gagal ginjal, pecah pembuluh darah di otak, penyakit kardiovaskular, masalah gigi dan mulut dan banyak lainnya.

Sementara secara global, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa berumur 20-79 tahun atau 1 dari 10 orang mengalami diabetes di seluruh dunia. 

 

Baca Juga: Benar Gak Sih Makan Buah-buahan Bisa Sebabkan Diabetes?

 

Respon Menteri Kesehatan 

Fakta kenaikan penyakit diabetes di Indonesia diakui oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Dia menyampaikan bahwa diabetes di Indonesia memang terus naik dari tahun ke tahun.

“Cuma memang diabetes di Indonesia tuh naik tinggi dari tahun ke tahun. Terakhir apa yang saya lihat 13 persen dari penduduk indonesia itu diabetes. Diabetes ini adalah 'mother of all diseases'. Jadi kalau diabetesnya lama dia bisa menjadi penyebab penyakit ginjal, cuci darah, stroke, jantung, dan banyak penyakit tidak menular lainnya,” ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Dengan itu, dia mengingatkan supaya masyarakat memperhatikan konsumsi gula harian. Karena menurut dia risikonya dalam kurun 5-10 tahun ke depan warga Indonesia akan banyak mengalami penyakit turunan dari diabetes.

“Jadi kalau saya bilang, secara umum memang harus dikurangi, konsumsi gula. Rakyat Indonesia tuh berlebihan minum gula in whatever way. Jadi semua minuman minuman semua makanan yang banyak gulanya kita kurangi lah dari sekarang demi masa depan kita juga dan anak anak kita,” jelasnya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami