Mengenal Asosiasi Pendeta Indonesia dan Fungsinya…

News / 27 September 2022

Kalangan Sendiri

Mengenal Asosiasi Pendeta Indonesia dan Fungsinya…

Lori Official Writer
793

Umat Kristen Indonesia perlu tahu bahwa para pendeta dari berbagai denominasi juga berada di bawah sebuah naungan kelembagaan yang disebut dengan Asosiasi Pendeta Indonesia (API).

API ini sendiri sudah berdiri sejak 31 Oktober 2002 dan menjadi wadah bagi para pendeta tanpa membedakan denominasi dan dogma gereja. Hal ini dipandang baik untuk menjalankan fungsinya dalam membangun tubuh Kristus dan pelayanan kesaksian berdasarkan firman Tuhan.

 

Baca Juga: 10 Negara Dengan Penduduk Beragama Kristen Tertinggi di Dunia Tahun 2022

 

Adapun visi misi API tertuang dalam 2 Timotius 4: 1-5 yaitu “Penuhilah panggilan pelayananmu di hadapan Allah dan Kristus yang menghakimi orang yang hidup dan mati. Beritakanlah Firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.”

Melalui API, para pendeta yang berasal dari berbagai denominasi gereja bersatu untuk melayani umat Tuhan dan bangsa dengan:

1. Menyampaikan suara kenabian untuk menyatukan dan menggembalakan umat Kristen sesuai dengan firman Tuhan.

2. Membangun Tubuh Kristus sebagai satu persekutuan iman, hidup seperti Kristus untuk menyatakan kabar baik bagi bangsa yang sedang terpuruk.

3. Membangun kerukunan umat, menciptakan perdamaian terutama damai dengan Allah, menegakkan keadilan dan kesetiaan antarumat beragama dan menjaga keselamatan bangsa Indonesia.

4. Memberi teladan moral dan kejujuran, kasih dan kepedulian sesama hamba Tuhan dan umat manusia.

5. Berdoa bagi persiapan umat dan bangsa dalam menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang kedua. 

 

Baca Juga: 10 Kampus Kristen Terbaik di Indonesia Menurut Data UniRank 2022 

 

Sejak berdiri, API telah memiliki cabang di berbagai wilayah di Indonesia, yang dipimpin oleh para pengurus Dewan Pimpinan Cabang terpilih. Secara konsisten, API telah mengadakan berbagai kegiatan untuk pengembangan pelayanan bagi sesama pendeta, pelayanan umat maupun bangsa.

Hingga saat ini, DPC API membangun kerja sama yang baik dengan para pemimpin daerah setempat. Bahkan dalam berbagai acara yang digelar API, pemerintah setempat turut hadir.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami