Bukan Melarang, Ini Cara Benar Katakan ‘TIDAK’ Pada Anak

Relationship / 22 September 2022

Kalangan Sendiri

Bukan Melarang, Ini Cara Benar Katakan ‘TIDAK’ Pada Anak

Lori Official Writer
427

4. Ajari Anak Soal Aturan yang Harus Dipatuhi

Sebagai mama, mungkin Anda akan terpancing untuk marah atau jengkel ketika anak mulai sembarangan menaruh barang di rumah. Alih-alih dikuasai oleh emosi negatif ini, lebih baik mengajarkan anak soal aturan yang berlaku di rumah.

Salah : “Jangan pakai sepatu di atas tempat tidur. Nanti kotor.”

Benar : “Pakai sepatu itu di luar ruangan ya. Tempat tidur kan buat tempat istirahat, ya harus bersih biar tidurnya nyenyak.”

 

Baca Juga: Teruntuk Ayah, Jangan Katakan ‘Tidak’ Saat Anak Minta 5 Hal Ini…

 

5. Bukan mengancam Tetapi Mengingatkan

Rasa ingin tahu anak biasanya akan mendorongnya untuk mengeksplorasi banyak hal di sekitar. Bahkan saat memasak, anak bisa tiba-tiba ingin memegang benda berbahaya. Bagaimana seharusnya mama menghadapi kondisi ini?

Coba bandingkan cara ini.

Salah : “Awas lho, nanti tangannya kebakar. Mau kebakar terus masuk rumah sakit?”

Benar : “Nak, kalau kamu pegang itu tangannya kebakar lho. Sakit. Apinya bahaya, jadi harus jauh-jauh ya.”

Mungkin dalam praktiknya, anak akan mengalami emosi kecewa karena dilarang, misalnya menangis, marah, memberontak dan sebagainya. Tetapi biarkan anak merasakan emosi tersebut agar anak tetap bisa memvalidasi emosinya sendiri. 

Memberikan batasan anak sejak belia membantu mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter. Mama papa tentunya juga perlu memberikan anak pelajaran karakter berdasarkan kebenaran firman Tuhan. Mengingatkan mereka bahwa mereka adalah anak-anak Tuhan yang perlu menjaga sikap dan perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan.

Anda pastinya akan merasa bangga ketika menyaksikan anak tumbuh menjadi anak yang dipenuhi dengan karakter Kristus bukan? 

Jadi mari mendidik anak dari hal-hal sederhana di rumah.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami