Pembangunan Sumber Daya Manusia Dimulai dari Program Gizi untuk Anak
Sumber: oborberkat.com

News / 21 September 2022

Kalangan Sendiri

Pembangunan Sumber Daya Manusia Dimulai dari Program Gizi untuk Anak

Aprita L Ekanaru Official Writer
2432

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membangun sumber daya manusia, Tim Kemanusiaan CBN membentuk sebuah program yang berfokus pada pemberian asupan gizi tambahan bagi anak-anak. Yang menjadi target dalam program ini adalah anak-anak yang dinilai mengalami gizi kurang.

Kekurangan gizi pada anak berkaitan erat dengan tumbuh kembang dan kesehatan. Kementrian Kesehatan juga mengatakan bahwa gizi kurang ditandai dengan kondisi kurus, berat badan menurut tinggi badan kurang dari standar deviasi, dan/atau lingkar lengan 11,5-12,5 cm pada Anak usia 6 bulan – 6 tahun.

Pada Jumat (09/09) yang lalu, sebagai langkah awal  tim Kemanusian CBN bekerja sama dengan Obor Berkat Indonesia (OBI) mengadakan penyuluhan tentang gizi yang seimbang kepada anak-anak usia 6 - 12 tahun dan orang tuanya.

Program ini pertama-tama diberikan pada 50 anak yang telah terpilih untuk menerima program gizi seimbang. Anak-anak ini berasal dari wadah-wadah pendidikan yang OBI miliki di Tanah Merah dan Darit, Kalimantan Barat.

Siang itu, berlokasi di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) OBI, Tanah Merah, anak-anak yang hadir sangat antusias karena penyuluhan ini dikemas sangat menarik. Ahli gizi yang kami undang menggunakan slide materi dengan gambar berwarna dan menjelaskannya secara atraktif, sehingga penjelasan tentang gizi seimbang dapat tersampaikan dan mudah dipahami oleh anak-anak. Materi yang disampaikan cukup lengkap, meliputi jenis-jenis makanan sehat, waktu yang tepat untuk makan, sarapan yang sehat, panduan minum air putih sampai ke jenis jajanan yang sehat untuk dikonsumsi.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Di akhir penyampaian materi, anak-anak diajak untuk menari jingle gizi seimbang dengan sangat antusias, dan ditutup dengan melakukan aktivitas mengunting dan menempel gambar makanan sesuai dengan kelompok makanan bergizi yang telah dipelajari sebelumnya. Dalam melakukan aktivitas ini, anak-anak didampingi oleh para orang tua.

Di sore harinya, tim Kemanusiaan CBN juga memberikan penyuluhan gizi seimbang untuk anak-anak di Darit, Kalimantan Barat. Kegiatan dan materi yang disampaikan pun sama, namun penyuluhan ini dilakukan secara virtual melalui zoom. Meski demikian, hal ini tidak menyulutkan antusias anak-anak dan orang tuanya dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti ada 23 orang anak yang hadir dalam penyuluhan ini.

Diharapkan melalui adanya penyuluhan ini, anak dan orang tua dapat lebih memahami manfaat dan pentingnya gizi yang seimbang bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Penyuluhan atau edukasi gizi ini akan dilakukan secara intensif selama 1 bulan di sepanjang bulan September 2022 sebanyak 4 sesi untuk kelompok anak dan 2 sesi untuk kelompok pengasuh (ibu). Program ini akan ditindaklanjuti dengan pemberian asupan gizi tambahan selama 6 bulan ke depan. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami