10 Makanan di Alkitab yang Berfungsi Sebagai Obat
Sumber: the cook book

Health / 19 September 2022

Kalangan Sendiri

10 Makanan di Alkitab yang Berfungsi Sebagai Obat

Lori Official Writer
3796

Alkitab, khususnya Perjanjian Lama, berisi segudang daftar makanan yang berfungsi sebagai obat penyembuh. 

Dari sebuah banyak daftar yang disebutkan, berikut 10 makanan terbaik yang bersifat penyembuh.

1. Zaitun dan Minyak Zaitun

Mayoritas orang-orang Yahudi adalah pedagang zaitun yang kaya di zamannya. Zaitun menjadi komoditas berharga di zaman itu, karena zaitun memiliki segudang manfaat. Bisa dijadikan sebagai obat, bumbu masak, sebagai minyak penerang, bahan pembuatan sabun dan bahkan dijadikan sebagai mata uang. 

Menariknya, minyak zaitun dianggap murni karena itu umum digunakan sebagai minyak urapan bagi para raja dan imam. 

Fakta lain juga membuktikan jika Zaitun maupun minyak zaitun sangat berguna bagi kesehatan jantung, otak, kulit dan sendi, jika dikonsumsi secara teratur. Zaitun bahkan terbukti bisa mencegah kanker dan diabetes. 

 

2. Buah Delima

Beberapa tahun belakangan ini, beberapa penelitian menemukan bahwa buah delima mengandung sifat anti-inflamasi (peradangan), anti-oksidan, anti-obesitas dan anti-tumor yang tinggi. 

Hasil penelitian menemukan bahwa buah delima menghasilkan asam ellagic, flavonoid, anthocyanin dan flavon yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. 

Selain itu, buah delima juga dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk membantu mencegah penyakit kronis lain seperti kanker, resistensi insulin, peradangan usus dan obesitas.

 

Baca Juga: Inilah 7 Superfood yang Tercatat di Alkitab, Obat Sehat Alami Ala Surga

 

3. Anggur Fermentasi

Beberapa studi epidemologis menemukan bahwa anggur merah fermentasi bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung akibat aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah.

Namun untuk aturan konsumsinya hanya dianjurkan maksimal 1 gelas per hari, kecuali bagi pria di bawah usia 65 tahun yang mungkin bisa mengkonsumsi maksimal 2 gelas per hari.

Anggur fermentasi ditemukan mengandung anti-oksidan dan flavonoid alami. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Rami

Salah satu serat tumbuhan terpenting di dalam Alkitab adalah rami. Rami sudah digunakan selama berbad-abad untuk membuat linen. Meskipun sudah banyak digantikan dengan kapas, namun rami masih tetap menjadi salah satu tanaman sumber serat yang paling penting di dunia dan salah satu makanan terbaik di dalam Alkitab.

Biji Rami sendiri sudah digunakan sebagai obat sejak zaman Babilonia. Di dalam biji rami terdapat kandungan omega-3, lignin dan serat vegan alami yang dijadikan sebagai bahan pengobatan di dunia kedokteran. 

Para peneliti juga menemukan bahwa biji rami bisa membantu melawan kanker, penyakit paru dan jantung.

 

5. Roti Gandum

Di kitab Yehezkiel, Tuhan memberi nabi Yehezkiel resep terbaik yang mengandung asam amino esensial sebagai sumber protein lengkap. 

Roti gandum menjadi makanan yang ditemukan jauh lebih sehat dibandingkan dengan biji-bijian dan kacang-kacangan berkecambah lainnya. 

 

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!

 

6. Susu Kambing Mentah

Susu mentah mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menyehatkan gigi. Susu kambing juga tinggi akan kalsium, vitamin K2, magnesium, fosfor dan vitamin yang larut dalam lemak. 

Para peneliti menemukan bahwa susu kambing memiliki kandungan lebih kompleks dibandingkan dengan susu sapi. Karena itu susu kambing banyak dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit termasuk penyakit pencernaan dan metabolism tubuh. 

 

7. Anak Domba

Karena pentingnya anak domba Paskah dan menyamakan peran itu dengan Kristus, domba adalah hewan yang paling dihormati dalam sejarah dan makanan yang paling dihormati di dalam Alkitab. 

Daging domba ini sendiri merupakan domba muda yang umumnya berusia satu tahun atau lebih muda. Karena usianya yang masih sangat muda, kandungan lemak marmernya jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis daging domba yang lebih tua. Daging domba muda ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. 

Daging domba muda juga diketahui kaya akan protein, vitamin B12, vitamin B6, niasin, zat besi dan lainnya. Bisa dibilang daging domba muda merupakan daging merah paling sehat di dunia. Namun khasiat ini hanya ditemukan di dalam daging domba muda varian lokal atau organik.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

8. Rempah-rempah (Ketumbar dan Perterseli)

Rempah-rempahan seperti ketumbar dan peterseli masuk ke dalam daftar rempah yang mengandung khasiat yang tinggi untuk pengobatan. 

Pengobatan China telah menggunakan ketumbar sebagai pengobatan untuk mencegah anti-diabetes. Ketumbar juga ditemukan memiliki manfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi dan detoksifikasi logam berat.

Sementara peterseli adalah rempah yang berkhasiat meningkatkan kesehatan dan sebagai sumber vitamin penting, termasuk vitamin A, C dan potassium.

 

9. Sayur-sayuran

Daniel adalah satu-satunya tokoh Alkitab yang memilih mengkonsumsi sayur-sayuran sebagai pola diet vegetarian. Bahkan setelah menjalani pola diet nabati ini, Daniel dan ketiga teman-temannya justru tampak jauh lebih sehat.

Pola makan sayur-sayuran ini akrab dikenal dengan diet Daniel atau puasa Daniel. 

Dari semua kelompok makanan, sayuran bisa dibilang yang paling padat nutrisi dan paling aman untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi sayur-sayuran paling tidak memiliki risiko. Bahkan sayuran sendiri terbukti bermanfaat untuk penyembuhan. 

Menurut National Cancer Institute, sayuran silangan, seperti brokoli, kubis, sawi, kangkung, lobak dan sebagainya, dalam mencegah kanker karena kandungannya yang kaya akan glukosinolat (glukosida yang mengandung sulfur). Bahkan sayur-sayuran juga sangat bermanfaat untuk melawan pertumbuhan sel kanker. 

Kandungan glukosinolat yang ada di dalam sayuran sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam penyakit diantaranya:

  • Peradangan
  • Infeksi bakteri dan virus
  • Toksisitas karsinogenik
  • Tumor angiogenesis (pembentukan pembuluh darah)
  • Metastasis tumor (migrasi tumor)

 

Baca Juga: 5 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

10. Madu Mentah

“Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya.” (Amsal 25: 16)

Tak heran jika madu mentah disebut-sebut sebagai emas cair. Madu sangat bermanfaat untuk perawatan tubuh dan juga kesehatan organ tubuh. 

Penelitian menemukan bahwa madu kaya akan kandungan flavonoid antioksidan penangkal penyakit seperti pinostrobin, pinocembrin dan chrysin.

Selain menjadi penggati minuman energi yang baik bagi para atlet dan yang kurang berstamina, madu mentah juga berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Kualitas lain dari madu adalah berkhasiat menyembuhkan alergi. Pastinya khasiat ini hanya akan didapatkan dari madu organik yang langsung diambil dari alam karena mengandung spesies serbuk sari asli yang tidak didapatkan dari madu sumber mana pun.

Ada banyak makanan sehat dan bermanfaat yang disebutkan di dalam Alkitab. Apakah Anda sudah rutin mengkonsumsi beberapa makanan di atas? Jika belum, yuk mulai dari hari ini. 

Salam sehat!

Sumber : Draxe.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami