10 Makanan di Alkitab yang Berfungsi Sebagai Obat
Sumber: the cook book

Health / 19 September 2022

Kalangan Sendiri

10 Makanan di Alkitab yang Berfungsi Sebagai Obat

Lori Official Writer
3830

8. Rempah-rempah (Ketumbar dan Perterseli)

Rempah-rempahan seperti ketumbar dan peterseli masuk ke dalam daftar rempah yang mengandung khasiat yang tinggi untuk pengobatan. 

Pengobatan China telah menggunakan ketumbar sebagai pengobatan untuk mencegah anti-diabetes. Ketumbar juga ditemukan memiliki manfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi dan detoksifikasi logam berat.

Sementara peterseli adalah rempah yang berkhasiat meningkatkan kesehatan dan sebagai sumber vitamin penting, termasuk vitamin A, C dan potassium.

 

9. Sayur-sayuran

Daniel adalah satu-satunya tokoh Alkitab yang memilih mengkonsumsi sayur-sayuran sebagai pola diet vegetarian. Bahkan setelah menjalani pola diet nabati ini, Daniel dan ketiga teman-temannya justru tampak jauh lebih sehat.

Pola makan sayur-sayuran ini akrab dikenal dengan diet Daniel atau puasa Daniel. 

Dari semua kelompok makanan, sayuran bisa dibilang yang paling padat nutrisi dan paling aman untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi sayur-sayuran paling tidak memiliki risiko. Bahkan sayuran sendiri terbukti bermanfaat untuk penyembuhan. 

Menurut National Cancer Institute, sayuran silangan, seperti brokoli, kubis, sawi, kangkung, lobak dan sebagainya, dalam mencegah kanker karena kandungannya yang kaya akan glukosinolat (glukosida yang mengandung sulfur). Bahkan sayur-sayuran juga sangat bermanfaat untuk melawan pertumbuhan sel kanker. 

Kandungan glukosinolat yang ada di dalam sayuran sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam penyakit diantaranya:

  • Peradangan
  • Infeksi bakteri dan virus
  • Toksisitas karsinogenik
  • Tumor angiogenesis (pembentukan pembuluh darah)
  • Metastasis tumor (migrasi tumor)

 

Baca Juga: 5 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

10. Madu Mentah

“Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya.” (Amsal 25: 16)

Tak heran jika madu mentah disebut-sebut sebagai emas cair. Madu sangat bermanfaat untuk perawatan tubuh dan juga kesehatan organ tubuh. 

Penelitian menemukan bahwa madu kaya akan kandungan flavonoid antioksidan penangkal penyakit seperti pinostrobin, pinocembrin dan chrysin.

Selain menjadi penggati minuman energi yang baik bagi para atlet dan yang kurang berstamina, madu mentah juga berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Kualitas lain dari madu adalah berkhasiat menyembuhkan alergi. Pastinya khasiat ini hanya akan didapatkan dari madu organik yang langsung diambil dari alam karena mengandung spesies serbuk sari asli yang tidak didapatkan dari madu sumber mana pun.

Ada banyak makanan sehat dan bermanfaat yang disebutkan di dalam Alkitab. Apakah Anda sudah rutin mengkonsumsi beberapa makanan di atas? Jika belum, yuk mulai dari hari ini. 

Salam sehat!

Sumber : Draxe.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami