5 Minuman Elektrolit Terbaik yang Bantu Atasi Dehidrasi dan Tingkatkan Stamina

Health / 15 September 2022

Kalangan Sendiri

5 Minuman Elektrolit Terbaik yang Bantu Atasi Dehidrasi dan Tingkatkan Stamina

Claudia Jessica Official Writer
386

Tahukah Anda bahwa minuman yang mengandung elektrolit bermanfaat untuk mengatasi maupun mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan stamina? Hal ini dikarenakan elektrolit memiliki fungsi yang penting bagi tubuh.

Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang banyak terdapat pada sel dan jaringan tubuh manusia. Biasanya mineral ditemukan di cairan tubuh seperti darah, keringat, dan urine. Sedangkan minuman elektrolit adalah minuman yang memiliki kandungan elektrolit dan mineral yang berperan untuk mentranspor sumber energi untuk mendukung fungsi tubuh.

Ada berbagai jenis elektrolit dalam tubuh seperti natrium, klorida, kalium, fosfat, kalsium dan magnesium. Kita bisa memperoleh elektrolit melalui makanan, suplemen, dan minuman tertentu termasuk minuman elektrolit.

Pada umumnya, air putih biasa sudah mengandung elektrolit yang cukup untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang membuat tubuh membutuhkan asupan elektrolit tambahan seperti setelah berolahraga, sedang sakit, dan beraktivitas di tempat yang panas.

Berikut ini adalah 5 minuman elektrolit terbaik untuk mengatasi dehidrasi atau menggantikan cairan tubuh yang hilang:

 

1. Air kelapa murni

Air kelapa murni lebih sehat dari minuman olahraga ataupun jus. Air kelapa adalah minuman elektrolit terbaik baik tubuh karena mengandung elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium serta kandungan gula yang rendah dalam air kelapa membuatnya lebih sehat dibanding dengan minuman elektrolit lain.

 

2. Susu

Susu mengandung elektrolit, diantaranya adalah kalsium, kalium, dan natrium. Selain itu, susu juga mengandung karbohidrat dan protein yang bisa membantu meningkatkan perbaikan jaringan otot dan mengembalikan energi setelah berolahraga.

 

3. Smoothie

Smoothie adalah minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, sirup gula atau gula pasir, sisi tawar cair dan es batu. Anda dapat menentukan dan mendapatkan pasokan elektrolit dari bahan-bahan yang akan digunakan. Beberapa bahan smoothie yang mengandung elektrolit adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk olahan susu.

Namun smoothie hanya direkomendasikan apabila Anda hendak melakukan olahraga berat atau aktivitas dalam waktu yang lama karena kandungan serat yang tinggi dalam smoothie berpotensi untuk memicu sakit perut yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami