Jaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Penghujan dengan Mengkonsumsi Zinc, Apa Saja Fungsinya?

Health / 13 September 2022

Kalangan Sendiri

Jaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Penghujan dengan Mengkonsumsi Zinc, Apa Saja Fungsinya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
925

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum tahu apa itu zinc? Zinc merupakan salah satu mikronutrien yang punya banyak fungsi di dalam tubuh. Namun, tubuh kita tidak dapat memproduksi zinc sendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan zinc dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mengkonsumsi jenis suplemen zinc.

Rupanya telah banyak penelitian yang telah membuktikan kegunaan zinc untuk tubuh, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, pencernaan, hingga menyembuhkan luka.

Berikut ini merupakan manfaat zinc yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda mengkonsumsi zinc sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu fungsi zinc adalah untuk mengaktifkan sel darah putih yang disebut juga dengan limfosit sel T. Sel ini memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan zinc membuat kekebalan tubuh menjadi lebih meningkat untuk melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus dan jamur. Maka dengan ini, Anda telah mengurangi risiko menderita berbagai penyakit.

2. Mengurangi peradangan

Selain menambah kekebalan tubuh, zinc juga dapat meredakan stres oksidatif, sehingga peradangan di dalam tubuh bisa mereda. Akhirnya dengan kondisi ini, Anda dapat menurunkan risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat peradangan, seperti jantung, kanker, pneumia, dan degenerasi makula terkait usia.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Zinc punya peran penting dalam memproduksi kolagen, yakni serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Bila produksi kolagen dalam tubuh maksimal, maka dapat mempercepat penyembuhan luka.

Fungsi inilah yang menjadikannya sering dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dalam mengatasi luka bakar, bisul dan luka lainnya.

4. Mendukung pertumbuhan anak

Selain banyak manfaat yang didaptkan oleh orang dewasa, ternyata zinc juga mendukung tumbuh kembang anak lho! Sebuah penelitian menyebut bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada anak dapat membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.

Sebaliknya, jika anak kekurangan asupan zinc maka yang terjadi adalah pertumbuhan yang terhambat serta memperlambat kognitif dan motorik pada anak.

Cukup banyak bukan manfaat dari zinc? Jika saat ini Anda belum mencukupi kebutuhan zinc di dalam tubuh, belum terlambat untuk memulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mulai mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung zinc.

Sumber : Alodokter.com
Halaman :
1

Ikuti Kami