Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus yang Makamnya Ditemukan di Turki
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 7 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus yang Makamnya Ditemukan di Turki

Claudia Jessica Official Writer
10453

Bagaimana kisah selanjutnya setelah Tuhan Yesus naik ke surga?

Filipus adalah salah satu murid Yesus yang karyanya paling banyak dicatat dalam kitab Kisah Para Rasul selain Petrus dan Paulus.

Filipus pergi memberitakan Injil di Samaria. Di sana Filipus membuat begitu banyak tanda mukjizat hingga penduduk kota dengan bulat hati menerima kabar gembira yang dibawanya. Filipus yang penuh dengan kuasa Roh Kudus mengusir banyak roh jahat yang merasuki orang-orang di situ. Ia juga menyembuhkan banyak orang lumpuh dan orang timpang sehingga semua orang besar dan kecil mengikuti dia. Setelah itu, nama Filipus tidak lagi disebutkan dalam kitab Kisah Para Rasul.

Lukas sang penulis kitab Kisah Para Rasul, lebih memfokuskan tulisannya pada kisah dan karya dari Petrus dan Paulus. Menurut tradisi masyarakat Kristen perdana, Filipus berkarya di Syria, Phrygia, dan di sekitar Asia kecil yang sekarang dikenal sebagai Turki.

 

Akhir hidup dan kisah kematian Filipus

Dalam pelayanannya, Filipus mati sahid. Filipus martir tepat setelah 10 tahun kematian Yakobus pada tahun 54 Masehi. Filipus dikatakan telah dihukum cambuk dan dilemparkan ke dalam penjara serta disalibkan di Hierapolis, Phrygia, yang sekarang adalah wilayah Turki.

Pada tanggal 27 juli 2011, kantor berita Turki melaporkan bahwa para arkeolog telah menemukan sebuah makam yang diklaim sebagai makam Santo Rasul Filipus.

Profesor Francesco D’Andrea dari Italia menyatakan bahwa selama penggalian di Hierapolis dekat dengan Kota Denizili Turki, para ilmuwan telah menemukan makam dalam sebuah gereja yang baru ditemukan.

Dia menyatakan bahwa desain makam dan tulisan-tulisan di dinding definitif membuktikan bahwa makam itu adalah makam Rasul Filipus. demikian fakta Alkitab mengenai Filipus.

 

Saksikan Fakta Alkitab Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus:

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami