6 Perwakilan Gereja Indonesia Turut Hadiri Sidang Raya XI Dewan Gereja Dunia di Jerman

News / 7 September 2022

Kalangan Sendiri

6 Perwakilan Gereja Indonesia Turut Hadiri Sidang Raya XI Dewan Gereja Dunia di Jerman

Lori Official Writer
443

Sidang Raya XI Dewan Gereja Dunia atau World Council of Churches (WCC) yang berlangsung sejak 31 Agustus hingga 8 September 2022 di Karlsruhe, Jerman, dihadiri oleh 6 perwakilan dari gereja Indonesia.

Adapun 6 perwakilan ini diantaranya, Rio Dondokambey dari Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM), Fransina Yoteni dari Gereja Kristen Injili di Tanah Papua (GKITP), Merry Kolimon dari Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), Karen Erina Puimera dari Gereja Protestan di Indonesia Bagian (GPIB) dan Robinson Butar-butar dari Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Melalui Sidang Raya ini, Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM, Rio Dondokambey akhirnya terpilih menjadi Central Committee dengan metode voting. Central Committee ini berfungsi sebagai badan kepala WWC sampai siding raya yang biasanya digelar setiap 12-18 bulan sekali.

Mereka juga bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan yang diputuskan di dalam Sidang Raya, meninjau dan mengawasi program WCC dan mengadopsi anggaran dewan gereja.

Sementara pada Senin, 5 Agustus 2022, hasil voting untuk posisi Presidium WCC diperoleh mantan Ketua PGI Pdt Dr. Henriette Hutabarat-Lebang, sebagai perwakilan dari Asia. Bersama 7 Presidium WCC lainnya, yaitu Rev Dr Susan Durber (Eropa), Rev Dr Angelique Walker-Smith (Amerika Utara), Rev François Phiaatae (Pasifik), Rev Dr Rufus Okikiola Ositelu (Afrika), Rev Philip Silvin Wright (Caribia dan Amerika Latin), H R Metr Dr Vasilios of Constantia Ammochostos (Eastern Orthodox), dan H H Catholicos Aram I (Oriental Orthodox), jabatan fungsional ini akan berlaku selama periode 8 tahun ke depan. 

Seperti diketahui, Dewan Gereja-gereja Sedunia ini adalah organisasi perhimpunan antar gereja yang didirikan pada tahun 1948. Berperan untuk membentuk kesatuan di antara umat Kristen. Keanggotaannya termasuk Komuni Anglikan, Gereja Asiria Timur, sebagian dari yurisdiksi Gereja Ortodoks Timur, Gereja Katolik Lama, Gereja Ortodoks Oriental, sebagian besar dari gereja-gereja Protestan arus utama seperti Lutheran, Gereja Menonit, Gereja Methodist, Gereja Moravia sdan Reformed dan Calvinist. Begitu juga dengan beberapa gereja-gereja Protesytan aliran Injili seperti Gereja Baptis dan Gereja Pentakosta.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami