#FaktaAlkitab: Orang Kaya di Alam Maut dan Orang Miskin di Pangkuan Abraham?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 6 September 2022

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Orang Kaya di Alam Maut dan Orang Miskin di Pangkuan Abraham?

Claudia Jessica Official Writer
7928

Dua tempat berbeda

Perumpamaan yang Yesus sampaikan ini menggambarkan dua tempat yang berbeda. Yang satu disebut 'Pangkuan Abraham' dan yang lain di 'alam maut' (Sheol/ Hades) yang terasa panas. Yesus Kristus dalam perumpamaan ini membenarkan kepercayaan Yahudi yang tertulis dalam Perjanjian Lama tentang adanya dua tempat sesudah kematian, satu sama lain saling berjauhan.

Injil Lukas 16:23 menulis bahwa si kaya menderita sengsara di “alam maut”. Kata alam maut dalam bahasa Yunani disebut “Hades” yang memiliki arti sebagai "tempat ataupun keadaan dari jiwa orang yang telah meninggal dunia”. Dalam Alkitab King James Version (KJV), kata Hades muncul 11 kali. Kata ini biasanya dikaitkan dengan hukuman pada kehidupan setelah kematian. Ayat selanjutnya dalam Lukas 16:26, dituliskan bahwa lokasi Abraham dan orang kaya itu, terpisah “jurang yang tak terseberangi”. Maka dapat dipastikan bahwa si kaya berada di neraka, yakni alam maut (Hades).

Sementara itu, Abraham yang sedang memangku Lazarus berada di Sorga. Abraham adalah Bapa leluhur Israel, yang dimana nanti keturunan-keturunan Abraham kelak akan ada bersama Abraham di Sorga (Mat. 8:11).

 

Kerajaan Sorga banyak disampaikan oleh Yesus menggunakan perumpamaan. Cerita Lazarus dan orang kaya serta pangkuan Abraham adalah sebuah perumpamaan dan bukan sebuah kejadian yang benar-benar terjadi.

Perihal pangkuan Abraham bermakna figuratif atau kiasan. Perumpamaan ini menggambarkan keadaan kelak yang akan tergenapi di hari penghakiman. Barangsiapa percaya akan Injil maka ketika mati ia akan pergi ke surga. Sebaliknya, seorang yang berdosa lalu mati maka tidak ada lagi kesempatan untuk bertobat, sehingga nerakalah yang menjadi tempatnya.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami