5 Dampak BBM Naik yang Langsung Dirasakan Masyarakat
Sumber: Good News Indonesia

News / 5 September 2022

Kalangan Sendiri

5 Dampak BBM Naik yang Langsung Dirasakan Masyarakat

Lori Official Writer
2725

3. Meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan

Kenaikan BBM rupanya juga berimbas pada sektor industri. Dalam kondisi ini, BBM akan sangat berdampak pada kenaikan biaya operasional perusahaan. Akibatnya, perusahaan bisa meminimalisir biaya operasional, misalnya melakukan pemangkasan karyawan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hal ini tengah dialami oleh para pekerja ojol. Ketika daya beli masyarakat turun, para pedangan dan ojol akan mengalami dampak penurunan pendapatan. Jika kondisi ini terus berlangsung, banyak usaha yang akan tutup karena mengalami kebangkrutan. Sementara para pekerja ojol akan menganggur.

Semakin tinggi angka pengangguran, maka negara akan dipenuhi dengan semakin tingginya tingkat kemiskinan.

 

4. Biaya transportasi darat meningkat

Kebaikan BBM sebelumnya membuat pelaku transportasi darat harus melakukan penaikan tarif yang cukup besar. Hal serupa juga akan terjadi saat ini, dimana transportasi umum seperti bus, travel dan layanan lainnya, naik. 

Dampaknya, masyarakat akan sangat terbebani dalam hal anggaran transportasi.

 

Baca Juga:

Harga Cabe & BBM Naik? Ngga Perlu Stres , Cuma Perlu Lebih Kreatif

Pertamina Sebut Akan Ada Penyesuaian Harga, Pertamax Segera Naik?

 

5. Suku bunga acuan naik

Direktur Riset Center of Reform on Econimics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyampaika bahwa kenaikan BBM bisa memicu Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan.

Naiknya suku bunga acuan BI, maka perbankan sangat mungkin akan menaikkan suku bunga deposito dan suku bunga kredit termasuk bunga KPR. Hal inilah yang jadi penyebab dari cicilan KPR melejit.

Di tengah kondisi inflasi yang begitu nyata, tentunya kita mulai ketar ketir. Meski begitu, mari mulai menekan pengeluaran dengan kembali mengelola keuangan dengan bijak. Memangkas kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu dan mengalokasikannya kepada kebutuhan yang cukup terdampak, misalnya biaya transportasi, kebutuhan pokok ataupun cicilan lain. 

Kondisi ekonomi hari-hari ini memang semakin sulit. Tapi bukan berarti kita hidup dalam kekuatiran. Yuk tetap berusaha dan mengandalkan Tuhan. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami