5 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Wadah Plastik

Health / 5 September 2022

Kalangan Sendiri

5 Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Wadah Plastik

Claudia Jessica Official Writer
489

Banyak orang menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan karena penggunaannya dinilai mudah dan praktis. Selain itu, menyimpan makanan di dalam wadah ke dalam kulkas mampu membuat makanan bertahan dalam waktu yang lama dan tidak menimbulkan bau di dalam kulkas.

Kendati demikian, beberapa makanan memiliki bau yang sangat menyengat dapat menimbulkan bau tak sedap pada wadah. Misalnya seperti durian, ikan asin, terasi, nangka, dan masih banyak lagi.

Meski sudah dicuci berkali-kali, bau tak sedap di dalam wadah masih bisa tercium dan terasa cukup menyengat. Aroma ini bisa mencemari makan lain yang akan disimpan di wadah yang yang sama. Maka dari itu, jawaban akan memberikan 5 tips menghilangkan bau tak sedap pada wadah plastik dengan menggunakan bahan yang bisa Anda temukan di rumah.

Sebelum mengikuti kelima tips di bawah ini, pastikan Anda telah mencuci wadah menggunakan sabun dan dibilas dengan air hingga bersih ya!

 

1. Menggunakan tissue dapur dan koran

Setelah wadah wadah dicuci hingga bersih, keringkan wadah terlebih dahulu sebelum memasukkan tissue dapur ke dalam wadah untuk menjadi alas koran yang akan dimasukkan ke dalam wadah. Ambil beberapa lembar koran untuk diremas hingga mengecil dan letakkan beberapa koran yang telah diremas ke dalam wadah yang telah dialasi dengan tissue dapur, kemudian tutup menggunakan penutup wadah yang sesuai. Simpan wadah selama satu hingga dua hari sampai baunya benar-benar hilang.

Serat yang terkandung di dalam kertas koran mampu menyerap bau-bau yang ada di dalam wadah hingga hilang.

 

BACA JUGA: Inilah Penderita Cacar Monyet Pertama di Indonesia dan Awal Penularannya…

 

2. Air garam

Garam mengandung antiseptik yang membunuh bakteri dan dapat menyerap bau-bauan.

Dengan komposisi 3:1, larutkan 3 sendok makan garam dengan 1 gelas air hangat dan tuang ke dalam wadah. Jika wadah yang berbau tak sedap memiliki ukuran yang besar, tentu membutuhkan cairan yang lebih banyak. Artinya, Anda bisa menggandakan komposisi yang air dan garam. Misalnya 2 gelas air hangat dengan 6 sendok makan garam, atau 3 gelas air hangat dengan 9 sendok makan garam, dan seterusnya.

Kemudian tutup rapat wadahnya dan kocok wadah dengan air garam kemudian cuci dengan air bersih.

 

BACA JUGA: Ga Terasa Kalau Belum Parah, Waspadai Ciri-ciri Kolesterol Ini & Ketahui Cara Mengobatinya

 

3. Bubuk kopi

Antioksidan di dalam kopi dan beberapa kandungan lainnya mampu mengangkat sel kulit mati dan menetralisir bau. Tidak hanya untuk menghilangkan bau tak sedap pada wadah plastik, kopi juga mampu menetralisir bau-bauan lainnya.

Tuangkan 5 sendok makan bubuk kopi ke atas tissue dapur atau kain kemudian lipat dan bungkus. Selanjutnya, letakkan bungkusan kopi tersebut ke dalam wadah dan tutup wadahnya dengan rapat, diamkan selama beberapa hari hingga bau tak sedap hilang sepenuhnya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami