Apakah Anda Orang yang Mudah Kuatir? Yuk Baca Ini…
Sumber: Harvard Health

Kata Alkitab / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Orang yang Mudah Kuatir? Yuk Baca Ini…

Lori Official Writer
3469

Setiap orang pasti menghadapi situasi yang terbilang sulit. Mungkin saja Anda sedang menghadapi lebih dari satu masalah dalam hidup. Ada yang berjuang soal keuangan, ada yang berjuang soal anak, pernikahan dan juga masa depan. Ada banyak sekali pergumulan hidup.

Tapi bagaimana Anda meresponi situasi hidup Anda sangatlah penting. Apakah Anda adalah orang yang memilih berjuang dan kuat menghadapinya? Atau malah rentan kuatir akan masalah itu?

Perbedaan yang sangat kentara antara orang yang mudah kuatir dengan yang mau berjuang terletak pada mentalitasnya. Orang yang mudah kuatir pasti akan menyerah dan mencari-cari alasan, sementara pejuang akan terus maju dan percaya jika situasi yang dihadapi akan selesai.

Bagi orang percaya, bertarung harus dilakukan dengan iman. Doa dan mempercayai janji Tuhan adalah bagian dari strategi untuk memenangkan pertempuran kekuatiran yang kita hadapi. Karena itulah kita perlu mencari Tuhan melalui firman kebenaran-Nya. 

 

Baca Juga: 

3 Cara Praktis Mengatasi Rasa Kuatir

Kuasa Tuhan di Atas Segala Rasa Kuatir

 

Firman Tuhan sendiri memberikan kita kunci utama dalam menghadapi masalah dan kekuatiran di dalam hidup. Seperti disampaikan di Matius 6: 33-34, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” 

Saat kita dekat dengan Tuhan, kita akan diberikan damai sejahtera dan sukacita di dalam hati kita untuk melalui apapun yang ada di depan kita. Tuhan sendiri akan menguatkan kita melalui Roh-Nya dan membangkitkan semangat serta harapan kita bahwa kita tidak sendirian. Kekuatan Tuhan menolong kita bertahan. Kita juga perlu berdoa dan merenungkan firman-Nya sebagai cara untuk melawan pikiran-pikiran negatif kita yang menghasilkan ketakutan, kekuatiran dan putus asa.

Berikut 4 teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengusir segala rasa kuatir di tengah segala kondisi yang Anda hadapi.

1. Perkatakan Janji Tuhan

Tuhan menjanjikan rancangan yang baik atas umat-Nya. Imanilah bahwa Tuhan akan membuat hidup Anda berkelimpahan, diberkati dan tidak ditinggalkan. Katakan ‘tidak’ pada rasa takut yang mungkin tiba-tiba muncul.

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab tuhan, Allahmu, menyertai Engkau, ke mana pun engkau pergi.” (Yosua 1: 9)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

2. Nikmati Hidup Anda Hari Ini

Karena ketakutan dan kekuatiran kita melekat pada ketidakpastian masa depan, cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan menikmati hidup Anda hari ini. Fokuslah untuk memaksimalkan apapun yang bisa Anda lakukan di hari ini dan ucapkan kepada diri Anda bahwa ‘Tuhan menjaga, memelihara dan menuntun masa depanku. Jadi hiduplah untuk hari ini.’ 

 

3. Berdoa

Overthinking adalah sumber dari kekuatiran. Untuk menghentikan pikiran negatif ini, ambillah waktu untuk berdoa dan undang Tuhan untuk berbicara menyampaikan semua hal yang Anda kuatirkan dan takutkan. Lalu mintalah kedamaian, kekuatan dan harapan baru untuk hidup Anda. Percayalah Dia Tuhan yang akan selalu mendengarkan isi hati Anda.

 

Baca Juga: Kekuatiran yang Tak Menambah Apapun Dalam Hidup

 

4. Berbuat Baiklah Kepada Siapapun 

Alih-alih terpuruk dan tenggelam di dalam rasa kuatir, lebih baik meluangkan diri untuk berbuat baik dan menjadi berkat untuk orang lain. Misalnya, telepon orang terdekat, tanyakan kabar dan berkati mereka, kirimkan makanan kepada seseorang yang Anda sayang dan yang terpenting doakan mereka.

Jangan biarkan rasa kuatir Anda menghentikan Anda untuk memperoleh kelimpahan hidup dan kemenangan yang Tuhan sudah sediakan. Seorang pejuang yang tidak berlatih dan mempersiapkan diri akan bertindak seperti seseorang yang kuatir ketika tekanan sedang terjadi.

Sumber : CBN
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami