Presiden Jokowi Kunjungi Masjid dan Gereja Bawah Tanah Papua, Begini Penampakannya

News / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Presiden Jokowi Kunjungi Masjid dan Gereja Bawah Tanah Papua, Begini Penampakannya

Lori Official Writer
369

Dalam kunjungannya ke Tanah Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke masjid dan gereja bawah tanah di kawasan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua pada Kamis (1/9) pagi.

Rumah ibadah dua agama ini, yaitu Masjid Al Baabul Munawwar dan gereja Oikumene Soteria, memang sudah ada sejak tahun 2015 silam. Rumah ibadah ini diperuntukkan bagi para karyawan PT Freeport Indonesia untuk menunaikan ibadahnya di sela-sela kerja. Keduanya dibagun di kedalaman 1760 meter di bawah permukaan bumi. 

 

Baca Juga: Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

 

Jokowi pun mengagumi rumah ibadah ini. Pasalnya, keduanya memang dibangun bersebelahan dan selama ini tidak ada masalah antarumat beragama.  Hal ini dianggap sebagai bentuk toleransi yang sangat baik.

Kedua rumah ibadah ini memiliki daya tampung mencapai 200 orang. Karena keunikan inilah, masjid dan gereja ini mendapatkan Piagam MURI dari Museum Rekor Indonesia.

 

Baca Juga: Gereja dan Masjid Bawah Tanah Pertama di Indonesia Didirikan

 

Kunjungan Presiden Jokowi kemudian dilanjutkan menuju Grasberg Block Cave (GBC) Underground di Kabupaten Mimika untuk menyaksikan langsung pertambangan bawah tanah. 

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami