Temukan Peluang Baru dengan Melakukan Self Development

Finance / 1 September 2022

Kalangan Sendiri

Temukan Peluang Baru dengan Melakukan Self Development

Aprita L Ekanaru Official Writer
404

Tentu saja Anda tidak ingin berada di posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, maka Anda wajib melakukan pengembangan diri atau yang sering disebut "self development" dalam hidup Anda. Dengan melakukan self development Anda dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas diri untuk menjadi seorang yang lebih baik. Hal ini bukan saja berlaku di dalam pekerjaan, tetapi juga dalam berbagai hal, seperti mengelola emosi Anda.

Self development adalah sebuah strategi atau cara yang diimplementasikan dan diusahakan oleh individu guna mengembangkan kesadaran diri, potensi, bakat, keterampilan dan kemampuan. Bertujuan agar kualitas hidup dan pribadi menjadi lebih meningkat.

Keinginan untuk menjadi individu yang berkembang hanya akan ada dalam diri sendiri, oleh sebab itu self development merupakan tanggung jawab setiap individu. Untuk memulai membangun self development, Anda mungkin bisa memulainya dengan melakukan hal di bawah ini:

1. Mengembangkan kesadaran diri.

Pertama-pertama yang bisa Anda lakukan untuk self development adalah dengan mengembangkan kesadaran diri sendiri sehingga Anda dapat menyadari kekuatan dan kelemahan dalam diri. Sebab tidak ada yang lebih mengenal diri sendiri selain diri Anda secara pribadi.

Jika Anda telah mengetahui hal tersebut artinya Anda bisa mencoba untuk berubah ke peningkatan yang lebih baik.

2. Memiliki tujuan hidup yang jelas.

Cari tahu apa yang menjadi tujuan hidup Anda secara pasti. Apakah yang ingin Anda raih di kehidupan ini?

Jika Anda telah mengetahui tujuan hidup Anda, maka tujuan itu yang akan menuntun langkah-langkah Anda untuk menjadi individu yang lebih baik lagi.

3. Belajar hal baru secara berkala.

Perkembangan zaman membawa banyak perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan. Setiap hari selalu ada perkembangan yang baru yang berbeda, bayangkan saja jika Anda tidak belajar lagi? Tentu saja Anda akan melewatkan hal-hal baru yang terjadi di sekeliling Anda, kemudian Anda menjadi kehilangan kesempatan untuk dapat berkembang.

Berbeda halnya jika Anda mau terus belajar secara berkala, selain proses pengembangan diri Anda dapat berjalan dengan lancar, sekaligus wawasan Anda menjadi lebih luas.

4. Bersosialisasi untuk membangun relasi.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, begitu juga diri Anda. Bersosialisasi dengan orang lain dapat membuat Anda mengenal berbagai pribadi, selain itu Anda dapat membangun relasi yang dapat berguna dikemudian hari.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami