Ini Motif Pembunuhan Orang Hewi Oleh Anak-anak Yakub
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 August 2022

Kalangan Sendiri

Ini Motif Pembunuhan Orang Hewi Oleh Anak-anak Yakub

Lori Official Writer
2633

Bertolak belakang dengan sikap Yakub, anak-anaknya, yaitu terutama Simeon dan Lewi yang nota bene saudara kandung Dina naik darah mendengar peristiwa itu. Mereka merasa sakit hati dan menganggap bahwa perbuatan Sikhem itu tidak hanya menodai Dina, tetapi juga merendahkan harga diri Bangsa Israel (Kejadian 34:7).

Bersamaan dengan amarah anak-anak Yakub memuncak, datanglah Sikhem dan Hemor, ayahnya mendatangi keluarga Yakub. Mereka berniat melamar Dina sebagai istri Sikhem. Sebab ternyata, Sikhem sebenarnya tidak hanya menyukai secara nafsu terhadap Dina, tetap ia sungguh-sungguh mencintai anak perempuan Yakub itu. Sikhem pun memberi sinyal untuk memenuhi segala mahar yang diminta oleh Yakub.

Pernyataan Sikhem ini menjadi peluang bagi anak-anak Yakub melakukan balas dendam pada Sikhem. Anak-anak Yakub menerima lamaran Sikhem dengan syarat semua laki-laki dewasa harus disunat sebagaimana Bangsa Israel (Kejadian 34:15). Rupanya Sikhem tidak menyadari bahwa ia dan bangsanya telah masuk dalam tipu daya anak-anak Yakub. Dan benar saja, pada hari ketiga setelah semua laki-laki Hewi melakukan sunat, di mana rasa sakit masih mendera mereka, maka datanglah orang Israel menyerang mereka.

 

Baca Juga: Tragisnya Kematian Murid Tuhan Yesus si Pemungut Cukai Ini

 

Simeon dan Lewi mengajak semua saudara-saudaranya mengangkat pedang menyerang Kota. Mereka membunuh setiap laki-laki Hewi, termasuk Hemor dan Sikhem. Anak-anak Yakub itu juga menjarah kambing domba, lembu sapi, keledai dan semua kekayaan negeri itu. Tidak lupa mengambil Dina dari rumah Sikhem dan membawanya pulang ke rumah (Kejadian 34:26). Tentu Yakub marah dengan tindakan brutal anak-anaknya. Yakub dicekam ketakutan jika bangsa-bangsa kafir lain mendengar peristiwa itu lalu bersatu menghancurkan Israel. Setelah peristiwa mengerikan tersebut, Tuhan hadir kepada Yakub dan memerintahkan ia dan keluarganya pindah ke Betel. Tempat pilihan Tuhan itu diharapkan menjadi tempat pembaharuan rohani. Karena Sepertinya, salah satu Wilayah Kanaan ini dipilih Yakub tanpa persetujuan Tuhan. Akibatnya banyak kekacauan terjadi di sana. Selain itu keluarganya mengalami kemerosotan rohani. Terbukti Tuhan memerintahkan Yakub dan keluarganya membuang semua dewa asing yang masih ada di tengah-tengah mereka (Kejadian 35:2).

 

Dendam dan amarah dari peristiwa masa lalu mungkin sedang mengendali hidup Anda. Anda mungkin butuh pembaharuan hidup sebelum kerusakan yang terjadi bertambah parah. Oleh karena itu, Anda butuh berbicara dan didoakan, silahkan hubungi Layanan Doa & Konseling SAHABAT24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami