Meski Kristen, Atlet Pencak Silat Malaysia Ini Pilih Berhijab Saat Tanding

News / 25 August 2022

Kalangan Sendiri

Meski Kristen, Atlet Pencak Silat Malaysia Ini Pilih Berhijab Saat Tanding

Lori Official Writer
433

Merrywati Manuil, atlet pencak silat perempuan asal Malaysia sempat jadi sorotan publik. Pasalnya meskipun dikenal beragama Kristen, namun dia kerap mengenakan hijab saat bertanding.

Publik pun merasa penasaran dengan alasan dibalik tindakan Merrywati tersebut. Sehingga melalui lama Instagram, atlet muda ini menyampaikan alasannya dengan gamblang.

Dia mengaku meskipun beragama Kristen, dia memilih mengenakan hijab setiap kali bertanding karena ingin menghormati budaya pencak silat. Dia juga menilai jika hal itu membuatnya berpenampilan jauh lebih sopan.

“Silat adalah warisan orang Melayu. Sebagai non-Melayu, saya menghormati, mengagumi dan mencintai silat. Meski tidak diwajibkan berhijab, saya lebih memilih berhijab saat bertanding. Hijab tidak hanya wajib bagi perempuan Melayu untuk menutupi aurat, tetapi bagi saya untuk terlihat lebih sopan, rapi dan beradab selama kompetisi,” tulis Merrywati.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi

 

Dia juga menegaskan jika tak ada yang memaksa dirinya mengenakan hijab. Tetapi murni karena keinginannya sendiri.

“Tidak ada paksaan dari pihak manapun. Saya mempelajari ilmu Melayu tentunya saya ikuti dan lakukan apa yang saya pelajari. Semoga pertanyaan terkait pemakaian hijab ini bisa terjawab,” ungkapnya.

Penjelasan yang disampaikan Merrywati ini pun segera banjir pujian. Banyak komentar dari netizen yang memuji tindakannya tersebut.

“Bah. Itu dia. Hormat…Terima kasih atas penjelasan yang solid…” tulis salah satu netizen.

“Betul sekali. Anda tidak harus memakai hijab. Walaupun kita berbeda agama. Asalkan tidak menimbulkan masalah,” lanjut netizen lainnya.

 

Baca Juga: Menteri Agama Puji Toleransi Tinggi di Kota Ini…

 

Sementara diketahui, Merrywati sudah menggeluti olahraga spencak silat sejak usia 10 tahun. Wanita kelahiran 4 September 2001 ini mengaku sudah memakai hijab setiap kali bertanding silat sejak duduk di bangku sekolah dasar. Selama ini tidak ada masalah dengan apa yang ia lakukan.

Tentu saja ini jadi sesuatu yang menarik untuk kita pelajari bersama. Bahwa sekat-sekat agama tak seharusnya dipisahkan hanya karena busana tertentu. Mari berpikir lebih luas dan belajar lebih banyak tentang saling menghormati dan menghargai apapun agama kita.

Sumber : Newsdelivers.com
Halaman :
1

Ikuti Kami